Masa Kehamilan

5 Gejala Ini Bisa Muncul di Trimester Pertama Kehamilan

Ditulis oleh: Taufiq

5 Gejala Ini Bisa Muncul di Trimester Pertama Kehamilan

Morning sickness kerap kali terjadi di trimester awal kehamilan. Gejalanya sendiri berupa mual muntah dan juga pusing sehingga membuat kamu merasa tidak nyaman. Umumnya, kondisi ini tidak hanya terjadi di pagi hari saja, tetapi bisa sepanjang hari. Meskipun sudah mengetahui cara mengatasi mual saat hamil, akan tetapi gejala satu ini pun tidak bisa dihindari. 

Nah, selain mual, pada tahap pertama kehamilan ini kamu pun bisa mengalami beberapa gejala dan keluhan, di antaranya adalah sebagai berikut;

  1. Sembelit. Saat produksi hormon progesteron meningkat selama hamil, pergerakan usus menjadi terganggu dan membuat tinja semakin mengeras. Faktor inilah yang menyebabkan tubuh mengalami sembelit yang ditandai dengan susah buang air besar. Apabila kondisi ini menyerang tubuhmu, cobalah untuk mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti misalnya buah dan sayur. 
  2. Mulas di bagian perut. Bagian perut pun akan terasa tidak nyaman, ini disebabkan karena terjadi perubahan hormon yang begitu cepat di tubuh sehingga dapat mengakibatkan mulas berlebih. Di samping itu, jika kondisi ini sudah masuk kategori parah, maka kamu akan merasakan rasa terbakar dan berujung pada muntah. Oleh sebab itu, untuk mencegah ini terjadi, janganlah mengonsumsi makanan yang bisa memicu munculnya mulas, misalnya seperti makanan pedas.
  3. Demam. Kamu akan sering mengalami demam, akibat dari sistem kekebalan tubuh menurun sangat drastis ketika memasuki periode kehamilan. Bahkan, yang paling parahnya jika kondisi tubuh lemah, kamu lebih mudah terjangkiti penyakit flu, hidung tersumbat, masuk angin, dan sakit kepala karena virus sangat mudah menyerang tubuh. Untuk itu, segera periksakan diri ke dokter ataupun bisa mengonsumsi makanan sehat apabila kondisi ini menjangkiti tubuh. 
  4. Sakit punggung. Kamu juga bisa mengalami sakit punggung di bagian bawah, di mana kondisi ini dapat membuatmu sulit untuk bergerak. Sebenarnya, gejala ini sudah sering kamu alami ketika menstruasi, akan tetapi saat ada janin di rahim maka sakit punggung ini akan lebih terasa. Untuk pencegahannya, ada baiknya kamu perbanyak istirahat dan tidak melakukan pekerjaan berat. Dan pastikan untuk tidak memijat bagian tersebut, takutnya nanti malah membahayakan janin dalam kandungan. 
  5. Sering buang air kecil. Terjadinya perubahan hormon di tubuh dapat mengakibatkan kamu buang air kecil lebih sering daripada biasanya. Keadaan ini umumnya terjadi di beberapa minggu pertama kehamilan. Namun, apabila gejala ini menyerang tubuh, baiknya kamu tidak mengikuti hasrat untuk buang air karena berisiko terserang infeksi kandung kemih. 

Saat gejala di atas terjadi, kamu bisa mencegahnya dengan cara mengonsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup, dan juga meminum susu PRENAGEN mommy emesis yang bisa membantu mengurangi mual muntah. Susu ini bisa membantu melengkapi nutrisi kehamilan yang dibutuhkan dengan kandungan vitamin B6, zat besi, asam folat, kalsium, dan juga protein yang sudah teruji klinis. Susu PRENAGEN Mommy Emesis tersedia dalam dua rasa yakni cokelat dan vanilla.