Preparation Period

Beberapa Tanda yang Harus Diketahui Saat Masa Subur

Written by: Taufiq

Beberapa Tanda yang Harus Diketahui Saat Masa Subur

Hamil merupakan impian bagi setiap wanita. Demi bisa mewujudkan impian tersebut, sebagian dari wanita pun rajin melakukan sesuatu untuk mempercepat kehamilan, salah satunya dengan melihat masa subur. Masa subur sendiri merupakan kondisi ketika sel telur siap dilepaskan dari ovarium. Jika sperma berhasil bertemu dengan sel telur, maka kesempatan untuk mendapatkan keturunan akan semakin meningkat. Biasanya, masa subur ini terjadi sekitar 12 sampai 16 hari dihitung sejak hari pertama menstruasi. 

Meskipun begitu, untuk mempermudah kamu mengetahui masa subur ini maka ada beberapa tanda untuk melihatnya, berikut di antaranya: 

  1. Suhu tubuh meningkat. Suhu tubuh wanita kerapkali mengalami peningkatan saat memasuki masa subur. Kenaikan suhu ini biasanya disebut dengan suhu basal. Peningkatan suhu ini umumnya berkisar sekitar 0,2 – 0,5 derajat Celcius. Cara menghitungnya adalah dengan mengukur suhu tubuh beberapa hari sebelum menstruasi maupun di hari biasa dengan bantuan temperatur. Apabila kamu mendapatkan suhu tertinggi, maka hari itulah kamu sedang mengalami masa suburmu. 
  2. Perut bagian bawah terasa nyeri. Ketika sedang menstruasi, pastinya kamu sering mengalami kondisi tersebut, kan? Nah, saat memasuki masa subur, kamu juga akan merasakan nyeri ini karena sel telur sedang mengalami peningkatan sehingga mengakibatkan perut bagian bawah terasa perih dan serasa ditarik oleh sesuatu. 
  3. Terjadi perubahan pada lendir serviks. Selalu perhatikan kondisi lendir serviks yang keluar dari mulut rahimmu. Sebab kondisi tersebut bisa menjadi salah satu pertanda kamu sedang dalam masa subur, di mana bagian lendirmu akan mengalami perubahan. Yang awalnya tampak encer, namun pada masa subur akan terlihat licin, jernih, dan bisa meregang ketika ditempelkan ke dua sisi jari tangan.
  4. Perubahan ketegangan pada mulut rahim. Pada saat masa subur, mulut rahim akan terasa semakin lembut, terbuka, dan lebih tinggi. Ini merupakan salah satu kesempatan bagi sperma untuk masuk ke dalam leher rahim dan membuahi sel telur. Meskipun begitu, perubahan yang terjadi pada mulut rahim ini sangat sulit untuk dibedakan hari biasanya, untuk itu kamu harus rutin memeriksanya setiap hari. 

Selain beberapa tanda di atas, masih banyak tanda lain yang bisa menunjukkan kamu sedang dalam masa subur, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Aroma tubuh menjadi lebih wangi. 
  • Gairah untuk melakukan seks semakin meningkat.
  • Nyeri dan kram pada bagian payudara dan panggul. 
  • Jumlah keputihan mengalami peningkatan. 
  • Perut terasa kembung. 
  • Merasa diri lebih seksi daripada biasanya. 

Dengan mengetahui beberapa tanda di atas, tentu beberapa hal tersebut bisa meningkatkan kesuburan sekaligus mempermudah kamu mendapatkan keturunan. Dan agar prosesnya semakin lancar, imbangi dengan meminum susu persiapan kehamilan yakni PRENAGEN esensis , susu Rendah Lemak yang mengandung Zinc untuk menjaga sistem reproduksi agar berfungsi dengan baik, Asam Folat untuk mencegah tabung saraf otak (Neural Tube Defect), Kalsium, Fosfor, Magnesium dan Vitamin D untuk kepadatan tulang, serta nutrisi penting lainnya seperti Protein, Mikroenkapsulasi Zat Besi, Sumber Serat dan Omega 3 & 6 yang baik untuk Ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan. Tidak hanya itu, PRENAGEN esensis ini juga tersedia dalam tiga varian rasa, yakni coklat, moka, dan vanilla.