Pregnancy Period

Kekeliruan yang Sering Dilakukan Ibu Hamil Pada Trimester Pertama Kehamilan

Written by: Taufiq

Kekeliruan yang Sering Dilakukan Ibu Hamil Pada Trimester Pertama Kehamilan

Ibu yang sedang hamil tentunya sudah mengumpulkan berbagai informasi soal kehamilan agar lebih siap dalam menjalani setiap periodenya. Hanya saja, meskipun sudah mengetahui cara menjaga kandungan agar tetap sehat, sayangnya pada trimester pertama kehamilan masih cukup banyak ibu hamil yang melakukan kekeliruan tanpa disadari. Berikut ini merupakan beberapa kekeliruan yang seringkali disalahartikan oleh ibu hamil tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Tidak berolahraga. Kurang berolahraga atau parahnya lagi tidak pernah berolahraga sama sekali selama hamil ternyata bisa membahayakan kesehatan. Mengapa? Pasalnya, hal ini bisa meningkatkan denyut nadi serta tekanan darah di dalam tubuh. Tidak hanya itu, kondisi ini juga sangat rentan terhadap serangan diabetes gestasional, yang ditandai dengan mulut terasa kering, mudah kelelahan, penglihatan buram, dan sebagainya. 
  2. Tidur secara terus-menerus. Saat hamil, tubuh memang lebih mudah merasa lelah sehingga kamu lebih sering beristirahat dan juga tidur. Meskipun begitu, kondisi ini tidak lantas membuat kamu terus tidur sepanjang waktu. Tidur dalam jangka waktu yang lama dan secara terus menerus bisa berdampak buruk pada janin yang berada di dalam rahim. 
  3. Takut mengalami morning sickness. Di trimester pertama kehamilan, banyak dari wanita yang ketakutan akan mengalami mual dan muntah atau dikenal dengan istilah morning sickness. Padahal kondisi ini tidak harus ditakutkan sebab ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Salah satunya adalah dengan rutin mengonsumsi makanan sehat. 
  4. Menunda waktu untuk menghubungi dokter. Saat mengetahui dirinya hamil, sebagian dari wanita masih banyak yang ragu untuk menghubungi dokter. Padahal, kamu tidak boleh loh melakukan ini, karena akan memengaruhi kondisi janin di dalam rahim. Terlebih bagi kamu yang rutin mengonsumsi obat, tentu ini sangat berbahaya bagi kesehatan janin yang masih rentan terhadap obat maupun serangan dari luar. 
  5. Mengonsumsi makanan lebih banyak daripada biasanya. Kehamilan tidak seharusnya dijadikan sebagai alasan untuk mengonsumsi makanan lebih banyak dari biasanya. Sebab kondisi ini bisa membahayakan janin dan bisa menjadi pemicu bayi mengalami obesitas setelah usia remaja. Memang ketika sedang hamil, kamu akan lebih sering merasa lapar. Untuk mengatasinya, pilihlah makanan yang sehat dan juga mengandung nutrisi untuk ibu hamil, ya.

Nah, untuk mengatasi semua masalah di atas, maka kamu sangat disarankan untuk melakukan beberapa hal penting ini, di antaranya adalah:

  • Rutin melakukan olahraga selama hamil. Jenis olahraga yang bisa dipilih adalah yoga, berenang, senam hamil, jalan-jalan kecil, dan sebagainya. 
  • Mengonsumsi camilan sehat untuk membantu mengatasi morning sickness yang kerapkali muncul pada trimester pertama kehamilan. 
  • Selalu konsumsi makanan sehat dalam batas wajar. 
  • Langsung menghubungi dokter kandungan sesaat setelah kamu tahu sedang hamil.
  • Penuhi asupan gizi dengan cara rajin mengonsumsi susu kehamilan, salah satunya adalah PRENAGEN mommy, nutrisi lengkap bagi ibu dan janin yang mengandung asam folat, kalsium, vitamin D, protein, inulin, dan omega 3 & 6. PRENAGEN mommy bisa menjadi nutrisi makro (karbohidrat, protein, lemak) yang sangat berpengaruh untuk keefektifan nutrisi mikro (vitamin dan mineral). Produk ini terdiri dari banyak varian rasa seperti kacang hijau, cokelat, strawberry, dan moka. Tidak hanya itu, sekarang juga tersedia susu UHT untuk ibu hamil dari PRENAGEN mommy UHT yang dikemas dengan sangat praktis sehingga bisa diminum kapan dan di mana saja. Produk susu ini juga cocok dijadikan sebagai minuman ketika bepergian karena kemasannya yang siap minum.

Itulah beberapa kekeliruan yang seringkali dilakukan ibu hamil pada trimester pertama kehamilan. Semoga bermanfaat.