Masa Menyusui

Khasiat Blueberry Untuk Ibu Hamil

Ditulis oleh: Taufiq

Khasiat Blueberry Untuk Ibu Hamil

Buah merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan Ibu dan bayi dalam kandungan. Buah-buahan juga merupakan makanan yang harus dikonsumsi setiap hari oleh ibu hamil. Kuantitas buah harian yang direkomendasikan bisa berbeda-beda sesuai dengan berat badan sang Ibu. Tapi umumnya, dibutuhkan 2 porsi buah setiap hari untuk memenuhi kebutuhan gizi yang berasal dari buah.

Dari banyaknya jenis buah yang ada di dunia, blueberry adalah buah yang disebut sebagai superfood bagi ibu hamil. Ini dikarenakan gizi yang terkandung dalam blueberry begitu tinggi dan sangat bermanfaat untuk tubuh ibu hamil. Blueberry merupakan buah dengan kandungan antosianin tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan. Disamping itu, blueberry juga mengandung asam folat, vitamin C, kalsium, serat, dan karbohidrat yang sangat bermanfaat khususnya bagi ibu hamil dan bayi.

Antosianin yang terkandung dalam blueberry sangat bermanfaat untuk :

  • menurunkan akibat penyakit jantung koroner
  • memperlambat penuaan
  • mencegah berkembangnya sel-sel kanker. 

Selain itu, blueberry juga dikenal sebagai pengontrol tekanan darah. Jika ibu hamil terkena darah tinggi, maka bisa terjadi preeklampsia yang bisa berbahaya apabila dibiarkan hingga mengakibatkan kelahiran bayi secara paksa. Preeklampsia biasanya lebih rentan terjadi saat usia kehamilan menginjak trimester ketiga.

Bagi ibu yang tidak terlalu suka mengonsumsi langsung blueberry, ada beberapa cara yang tentunya mudah dan tidak memakan banyak waktu. Hidangan lezat dengan blueberry yang dapat Ibu coba adalah pancake blueberry. Agar mendapatkan nutrisi yang optimal, Ibu bisa menggunakan susu PRENAGEN Ibu rasa vanilla sebagai pengganti susu cair. Cukup dengan menambahkan potongan blueberry ke dalam adonan pancake dan masak hingga kecoklatan. Jika Ibu ingin tekstur yang tidak terlalu lembut, Ibu juga bisa menambahkan oatmeal atau kacang almond cincang.