Masa Persiapan

Makanan-Makanan Sehat Ibu Hamil dalam Mempersiapkan Kehamilan

Ditulis oleh: Taufiq

Makanan-Makanan Sehat Ibu Hamil dalam Mempersiapkan Kehamilan

Saat hamil, banyak di antara Ibu yang sangat memperhatikan nutrisi setiap hari yang dikonsumsi secara cermat. Biasanya ibu hamil akan menghindari makanan yang berdampak negatif terhadap janin, seperti terlalu banyak mengandung penyedap rasa, kolesterol, garam, minyak, lemak, ataupun gula. Dengan adanya batasan-batasan tersebut, beberapa ibu hamil menjadi sangat pemilih terhadap hidangan yang dikonsumsinya. Sebenarnya, rasa takut yang muncul dalam benak Ibu didasari karena kurangnya pengetahuan terhadap makanan sehat ibu hamil yang baik bagi kandungan.


Memang benar bahwa Ibu bertanggung jawab dalam menjaga asupan nutrisi bagi tumbuh kembang janin dalam kandungan, namun bukan berarti varian dan asupan makanan sehat ibu hamil terbatas jumlahnya. Banyak juga makanan ibu hamil yang mampu mencukupi nutrisi bagi kehamilan, dan tentunya enak serta tidak membosankan. Dengan meningkatkan pengetahuan terhadap makanan ibu hamil yang kaya akan manfaat, ada baiknya Ibu mengetahui beberapa hal penting seputar kehamilan dan kebutuhan nutrisi ibu hamil harian seperti di bawah ini.


Ini Saat Tepat Penuhi Nutrisi Kehamilan!
Bimbang mengenai kapan waktu yang tepat untuk penuhi nutrisi untuk janin mungkin dialami oleh hampir semua Ibu. Ada yang berkata harus memulai asupan gizi yang baik sebelum kehamilan, namun ada pula yang beranggapan bahwa segera setelah dinyatakan positif hamil merupakan waktu yang paling tepat. Jadi, manakah saat yang paling tepat untuk memenuhi nutrisi kehamilan?
Saat merencanakan untuk memiliki momongan, biasanya setiap pasangan akan lebih fokus pada persoalan biaya persalinan ataupun nama bayi yang cocok. Jarang sekali yang mengikutsertakan pemikiran mengenai pentingnya gizi yang baik bahkan sebelum masa kehamilan. Sebenarnya, Ibu diharuskan untuk mengonsumsi makanan sehat yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta sebagai nutrisi awal untuk mempersiapkan calon buah hati. Selain itu, susu ibu hamil PRENAGEN Esensis yang diperkaya dengan nutrisi khusus sebelum kehamilan bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Ini dikarenakan kehamilan sulit diprediksi dan bisa terjadi kapan saja. Demi perkembangan janin yang optimal, tidak ada salahnya untuk mulai memenuhi nutrisi penting ini segera setelah menikah.

Nutrisi Penting dan Makanan Sehat Ibu Hamil Terbaik
Bukan hanya asal makan saja ya, Bu! Saat hamil, makanan memiliki peran penting dalam memenuhi nutrisi harian bagi calon buah hati yang dinanti. Seperti halnya Ibu, janin juga membutuhkan vitamin, mineral, dan beberapa zat penting lain untuk mendukung pertumbuhannya. Namun, ada beberapa nutrisi yang memiliki peran krusial dalam pertumbuhannya, seperti:

  1. Asam folat
    Ibu pasti sudah sering mendengar bahwa asam folat merupakan makanan sehat ibu hamil yang sangat baik, bukan? Namun, tahukah apa manfaat yang dihasilkannya? Asam folat atau dikenal juga dengan nama vitamin B9 ini dapat memberi pengaruh terhadap kesehatan dan tingkat kecerdasan anak setelah lahir hingga ia tumbuh besar. Di samping itu, asam folat tidak hanya berperan dalam menurunkan risiko autisme pada anak sebesar 40%, tapi juga membantu memerangi anak lahir dengan beberapa kelainan, seperti spina bifida. Kelainan bawaan ini disebabkan karena kurangnya asam folat yang dibutuhkan janin saat tumbuh dalam kandungan yang mengakibatkan tabung saraf tidak membentuk secara sempurna. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor pendukung pentingnya asupan asam folat dalam makanan sehat ibu hamil setiap harinya.Sebenarnya sangat banyak makanan yang bisa menjadi sumber asam folat bagi ibu hamil, seperti kacang hitam, asparagus, brokoli, kentang, telur, ataupun beras coklat. Tetapi asam folat ini dapat larut dalam air, jadi sebaiknya gunakan metode lain dalam mengolah bahan makanan Ibu, seperti dikukus atau dipanggang. Dengan begitu, asam folat bisa tetap diperoleh buah hati dalam kandungan dan juga.
  2. Protein
    Asupan protein dinilai sangat penting karena bertugas dalam membentuk sel-sel tubuh dan otak calon buah hati dalam rahim. Saat kandungan memasuki trimester kedua dan ketiga, Ibu harus meningkatkan asupan protein. Hal ini berkaitan dengan percepatan pertumbuhan janin yang terjadi pada dua periode tersebut. Selain dari beberapa makanan yang telah disebutkan, dua gelas susu ibu hamil PRENAGEN juga bisa membantu memenuhi protein harian hingga saatnya bayi lahir ke dunia. Makanan sehat ibu hamil yang dipercaya merupakan sumber protein terbaik adalah kacang-kacangan dan lentil. Tidak banyak memang yang mengonsumsi kacang-kacangan sebagai makanan pendamping. Namun, jangan remehkan wujudnya yang kecil karena di dalamnya kaya akan protein yang bisa memenuhi kebutuhan harian. Tak hanya berperan sebagai sumber protein saja, lentil, dan kacang-kacangan ini juga tinggi serat sehingga baik untuk melancarkan pencernaan Ibu.
  3. Kalsium
    Manusia membutuhkan asupan kalsium yang mampu membentuk tulang sebagai penopang tubuh agar bisa melakukan berbagai aktivitas. Oleh karena itu, kebutuhan janin akan kalsium jauh lebih besar karena harus membentuk tulang dari nol. Inilah yang menyebabkan makanan sehat ibu hamil harus mengandung kalsium tinggi. Biasanya, kalsium di masa kehamilan didapatkan dari susu ibu hamil. Tetapi jika tubuh Ibu intoleran atau alergi terhadap produk berbahan susu, ada sebuah sayuran berwarna hijau yang memiliki gizi lengkap bagi Ibu, yaitu brokoli. Selain kaya akan vitamin C, brokoli dipercaya sebagai salah satu makanan yang tinggi kalsium dan juga dilengkapi dengan asam folat. Hal ini menjadikan brokoli sebagai salah satu bahan makanan favorit untuk diolah menjadi berbagai hidangan oleh ibu hamil. Selain enak, brokoli juga tinggi serat dan mengandung zat antioksidan yang tentunya akan berguna dalam melawan radikal bebas yang berbahaya bagi janin.
  4. Zat Besi
    Dalam nutrisi harian, makanan sehat ibu hamil harus memenuhi seluruh nutrisi di atas dan juga zat besi. Jangan sekali-sekali meremehkan kekuatan zat besi. Ternyata, zat besi ini bisa membantu dalam proses penyaluran nutrisi ke janin. Caranya adalah dengan menggunakan darah yang dibentuk oleh zat besi sebagai perantaranya. Semakin lancar peredaran darah, maka asupan makanan bagi tumbuh kembang janin akan lebih cepat. Dengan begitu, bayi dalam kandungan akan lahir dengan sehat. Bukan hanya jadi makanan favorit salah satu tokoh kartun, bayam juga ternyata memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Bayam yang telah masak kaya akan zat besi yang didampingi oleh asam folat. Selain itu, Ibu juga bisa terhindar dari anemia yang dapat membahayakan janin jika keadaannya semakin memburuk. Dengan mengomsumsi makanan kaya zat besi setiap hari, sel darah merah akan berada dalam batas normal sehingga dapat menyalurkan oksigen dan nutrisi ke tubuh calon buah hati Ibu.

Setelah mengetahui makanan yang baik dikonsumsi dan sehat dalam mempersiapkan kehamilan, jangan menganggap bahwa Ibu hanya bisa mengonsumsi menu yang sama setiap harinya. Dengan modifikasi resep yang beragam, tidak hanya bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan demi janin yang sehat, namun juga dapat menjadi semangat baru. Mengolah makanan sehat selama kehamilan juga bisa menjadi terapi anti-stres yang sangat baik bagi kesehatan Ibu dan buah hati. Cobalah untuk mengombinasikan beberapa makanan kaya akan nutrisi menjadi makanan yang lezat dan menyehatkan serta didampingi oleh dua gelas susu PRENAGEN untuk ibu hamil setiap hari!