Masa Kehamilan

Vitamin-vitamin yang Dibutuhkan Selama Kehamilan

Ditulis oleh: Taufiq

Vitamin-vitamin yang Dibutuhkan Selama Kehamilan

Ibu hamil memerlukan banyak sekali asupan gizi yang berguna untuk memberikan janin nutrisi yang dibutuhkan. Berbeda ketika sebelum hamil, Mommy harus bisa memberikan nutrisi ibu hamil yang lengkap dan cukup sehingga janin tidak akan kekurangan asupan gizi yang dibutuhkan ketika berada dalam kandungan.

Namun, bukan berarti berlebihan dalam mengkonsumsi makanan, karena tidak baik juga bagi Mommy jika berat badan naik secara drastis dan meningkatkan risiko hipertensi selama hamil. Untuk itu, Mommy harus benar-benar memperhatikan nilai gizi yang dimiliki oleh makanan yang Mommy konsumsi.

Dari berbagai jenis asupan nutrisi penting bagi wanita hamil, vitamin adalah salah satunya yang memang bisa memberikan banyak manfaat bagi janin dan Mommy sendiri. Untuk itu, mari mempelajari dan perkaya pengetahuan tentang vitamin supaya Mommy bisa mendapatkan segala nutrisi yang tepat dan bermanfaat.

 

Jenis Vitamin dan Manfaatnya

Kebutuhan nutrisi mengandung vitamin ibu hamil harus dipenuhi dan ini juga yang sering menjadi saran dokter jika Mommy melakukan konsultasi ataupun periksa rutin saat hamil.

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang sangat penting. Vitamin C ini bisa didapatkan dari buah jeruk, sayuran berwarna merah, hijau, dan kuning. Manfaatnya adalah untuk menghindarkan Mommy dan janin dari infeksi serta juga menyembuhkan luka lebih cepat dan plasenta menjadi kuat.

Vitamin B12 juga merupakan bagian penting karena mampu membantu membentuk sel darah merah dan juga sistem saraf pusat pada janin. Vitamin B2 juga penting karena mampu memberikan dukungan penting bagi pertumbuhan embrio pada minggu pertama serta mampu mencegah gangguan pada kulit dan mata. Untuk vitamin ini bisa didapatkan dari sayuran hijau, susu, ragi, telur dan hati.

Vitamin A juga sangat penting dan usahakan untuk mengkonsumsi vitamin tersebut 3 porsi setiap hari. Vitamin A bisa didapatkan dari berbagai makanan seperti wortel, susu, kuning telur, margarine, dan sayuran hijau. Manfaat bagi tubuh dan janin adalah bisa menjaga kulit Mommy tetap sehat saat hamil. Mommy pun bisa terhindar dari masalah gigi saat mengandung.  Vitamin lainnya yang penting untuk gizi kehamilan adalah Vitamin K, Vitamin B5, B6, Vitamin D, E, dan juga Vitamin B3.

 

Minimalisir Risiko

Konsumsi vitamin memang sangat penting bagi Mommy yang sedang hamil karena ini merupakan salah satu pemenuhan nutrisi atau gizi saat hamil yang akan sangat berguna bagi kesehatan Mommy sendiri dan juga janin Mommy.

Kekurangan beberapa vitamin bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan Mommy dan juga kondisi janin karena dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan saat berada dalam kandungan.

Untuk itu Mommy harus selalu selektif dalam memilih makanan dan konsultasikan juga dengan dokter agar Mommy bisa memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan selama proses kehamilan.