Ternyata Ini Lho 7 Cara Mengetahui Kehamilan Secara Mandiri

Written by: Redaksi Klikdokter.com

Ternyata Ini Lho 7 Cara Mengetahui Kehamilan Secara Mandiri

Saat menjalankan program hamil, tentunya hal yang paling ditunggu-tunggu yaitu Ibu positif hamil. Sebelum memeriksakan diri ke dokter, Ibu bisa menganalisa sendiri di rumah, loho. Gimana caranya? Ikuti 7 cara mengetahui kehamilan berikut ini yuk. 

  • Memperhatikan Siklus Haid

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah ibu hamil atau tidak yaitu dengan memperhatikan  siklus haid. Bila Ibu telat atau tidak mengalami menstruasi selama beberapa bulan, setelah Ibu berhubungan dengan suami Ibu pada saat masa subur Ibu, maka kemungkinan Ibu positif hamil.

  • Memperhatikan Suhu Tubuh

Selain siklus haid, Ibu juga bisa memperhatikan suhu tubuh Ibu. Bila selama 18 hari suhu badan Ibu tinggi, Ibu perlu mencurigai bahwa Ibu sedang hamil. Sebab, memang ada beberapa perubahan yang dapat terjadi pada seorang wanita ketika ia hamil, termasuk perubahan pada suhu tubuhnya. Mari lihat penyebab suhu tubuhnya menjadi panas tersebut di sini: Ciri-ciri Wanita Hamil Muda yang Mudah Diketahui

Tetapi, tidak selalu peningkatan suhu tubuh bermakna hamil ya, Bu. Sebab, suhu tubuh yang naik juga dapat disebabkan karena sakit. Oleh karenanya, Ibu perlu juga memeriksakan diri ke dokter jika suhu tubuh Ibu menjadi tinggi, agar segera memperoleh perawatan yang diperlukan.

  • Adanya Perubahan pada Fisik Ibu

Cara lain untuk mengetahui kehamilan yaitu memperhatikan perubahan fisik Ibu. Ibu bisa memperhatikan payudara Ibu. Umumnya, payudara Ibu akan membesar dan bila Ibu sentuh terasa nyeri dan sensitif, khususnya di bagian puting. Hal ini diakibatkan oleh perubahan hormon saat Ibu hamil. Biasanya, rasa ini akan hilang setelah Ibu melewati trimester pertama, setelah tubuh Ibu beradaptasi dengan perubahan hormon. 

  • Kelelahan Tiba-tiba

Kelelahan tiba-tiba juga bisa menjadi pertanda bahwa Ibu positif hamil. Bila Ibu merasa tiba-tiba sangat lelah, padahal Ibu tidak melakukan kegiatan yang berat yang menyebabkan Ibu lelah, hal ini bisa disebabkan karena naiknya level hormon progesteron di dalam tubuh Ibu yang diakibatkan karena Ibu hamil. 

  • Mual dan Muntah

Cara lain untuk mengetahui kehamilan yaitu Ibu mengalami mual atau muntah atau yang dikenal dengan nama morning sickness. Selain itu, Ibu juga sering buang air kecil, dan sensitif terhadap bau-bau yang menyengat.

  • Terjadinya pendarahan kecil

Pendarahan kecil ini biasanya terjadi 11 sampai 12 hari setelah pembuahan. Untuk pendarahan kecil, sebaiknya Ibu memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah ini pertanda hamil atau ada gangguan kesehatan. Jika positif hamil, pendarahan kecil biasa terjadi karena proses penggalian sel telur Ibu di dinding rahim untuk mencari tempat berkembang.

  • Menggunakan Alat Tes Kehamilan

Menggunakan alat tes kehamilan merupakan salah satu cara tepat untuk mengetahui kehamilan. Ada banyak jenis alat ini yang bisa Ibu dapatkan di pasaran. Akan tetapi, pilih yang berlisensi dan bersertifikat agar hasil yang Ibu dapat akurat seperti test pack. Ibu bisa menggunakan alat ini 6 atau 7 hari setelah terjadi pembuahan. Bila tidak ada tanda positif, maka Ibu bisa mengulanginya beberapa hari lagi. 

Itulah beberapa cara untuk mengetahui kehamilan. Jika ini merupakan program kehamilan yang pertama, tentu menggunakan test pack pun menjadi hal baru bagi Ibu. Nah, biar nggak salah tafsir, cari tahu cara membaca hasil test pack yuk.