Masa Menyusui

Produksi ASI Berkurang? Konsumsi Makanan Ini, Mommy!

Ditulis oleh: Taufiq

Produksi ASI Berkurang? Konsumsi Makanan Ini, Mommy!

Saat menyusui merupakan masa yang tak kalah penting dalam pertumbuhan bayi di masa depan. Selain bisa membantu mendekatkan si kecil dan Mommy, menyusui juga berarti memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit dan alergi yang rentan dialami oleh bayi. Untuk memenuhi kebutuhan ASI harian bagi buah hati, Mommy perlu menjaga asupan makanan dan memilih bahan-bahan yang sangat berguna dalam proses menyusui. Jika Mommy mengenal daun katuk sebagai salah satu bahan yang bisa meningkatkan kuantitas ASI, ada beberapa alternatif yang tak kalah fungsinya dalam masa pemberian ASI, seperti:

Oatmeal
Semangkuk oatmeal yang diperkaya dengan bermacam buah-buahan, seperti blueberry ataupun strawberry bisa mengawali hari Mommy saat menyusui. Saat memakan oatmeal, biasanya Mommy akan merasa lebih tenang karena teksturnya yang lembut sehingga mendorong tubuh untuk menghasilkan oksitosin yang lebih banyak. Selain menurunkan kadar kolesterol dan kembali menstabilkan tekanan darah, oatmeal juga mampu menambah kuantitas ASI harian yang diproduksi Mommy. Tidak hanya menyeduh oatmeal dengan air panas, Mommy juga bisa membuat oatmeal panggang dengan susu dan buah-buahan sebagai pelengkap.

Wortel
Wortel berwarna oranye memang sangat menggoda untuk dimakan. Untuk Mommy yang sedang menyusui sebaiknya konsumsi wortel sesekali sebagai variasi untuk menambah jumlah ASI yang diproduksi. Selain merupakan sumber karbohidrat dan potasium, wortel juga mengandung beta karoten yang dibutuhkan oleh tubuh saat masa menyusui. Cobalah untuk membuat jus, menumisnya, atau menjadikannya kudapan seperti halnya kentang dengan memanggang wortel dalam oven.

Bayam
Siapa sangka sayuran kesukaan Popeye ini juga mempunyai manfaat bagi masa menyusui? Bayam merupakan sumber kalsium, zat besi, vitamin K dan A, serta asam folat yang sangat baik. Daunnya yang berwarna hijau mengandung fitoestrogen yang dipercaya membantu menyehatkan jaringan payudara serta produksi ASI yang mirip dengan zat estrogen namun berasal dari tumbuhan. Oleh karena itu, bayam juga merupakan makanan yang juga bisa meningkatkan produksi air susu ibu agar kebutuhan si kecil terpenuhi.

Selain mengonsumsi makanan-makanan di atas, Mommy juga harus tetap menjaga asupan nutrisi lengkap dengan meminum Prenagen Lactamom dengan formula PRENAPro yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Dilengkapi dengan komposisi DHA, AA, asam folat, omega 3, 6, dan 9, yang membantu perkembangan sel otak bayi. Yuk, cukupi nutrisi Mommy demi kesehatan dan pertumbuhan buah hati tersayang!