Masa Menyusui

Tips Penting untuk Para Pejuang ASI Masa Kini

Ditulis oleh: Taufiq

Tips Penting untuk Para Pejuang ASI Masa Kini

Ketika usia kandungan sudah memasuki usia 9 bulan, Ibu pasti sudah mulai mempersiapkan berbagai hal keperluan bayi. Mulai dari pakaian bayi, popok, peralatan mandi, dan berbagai hal yang nantinya akan dibutuhkan bayi. Selain memenuhi kebutuhan bayi, Ibu yang ingin program ASI eksklusif juga pasti akan mempersiapkan Susu Ibu Menyusui, agar ASI dapat keluar dengan lancar dan juga berkualitas. Akan tetapi, tahukah Ibu masih ada berbagai hal lain selain susu yang harus Ibu persiapkan agar program ASI eksklusif berjalan lancar? Khususnya terkait dengan menyusui di tempat umum.

 

Yap, menyusui di tempat umum sering kali menjadi masalah yang pada akhirnya membuat program ini menjadi terganggu. Ibu tidak mungkin meminta bayi untuk tidak menyusu saat berada di luar rumah, apalagi jika Ibu dan bayi bepergian dalam waktu yang cukup lama. Cara satu-satunya adalah Ibu yang harus mempersiapkan diri untuk kemungkinan menyusui di tempat umum, yaitu dengan:

 

  • Selalu bawa nursing cover

Saat ini sudah tersedia berbagai jenis nursing cover (kain penutup) yang bisa Ibu gunakan untuk menutup area pribadi saat menyusui. Dengan kain ini, menyusui di tempat umum bukanlah masalah. Itulah sebabnya selain membawa susu ibu menyusui, Ibu juga tidak boleh melupakan benda ini untuk dibawa saat bepergian. Namun agar anak tetap merasa nyaman saat menyusu menggunakan kain ini, pilihlah kain yang berkualitas dan tidak panas.

  • Mempersiapkan pakaian khusus menyusui

Hindari menggunakan pakaian dengan model terusan karena akan membuat Ibu merasa kesulitan saat harus menyusui. Sebaiknya, pakailah kemeja dengan kancing depan, sehingga akan mempermudah Ibu. Jika Ibu masih merasa malu karena bagian tubuh Ibu terbuka, maka Ibu bisa menyiapkan sebuah kaos khusus untuk digunakan di dalam kemeja. Buatlah sobekan berbentuk kotak dibagian puting payudara yang dapat mudah dibuka. Kaos ini akan membantu untuk memperkecil area tubuh Ibu yang terbuka. Cara ini akan sangat bermanfaat bagi Ibu yang mengalami masalah karena bayi menolak menggunakan nursing cover. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan bra khusus menyusui.

  • Carilah posisi nyaman untuk bayi dan Ibu

Saat Ibu menyusui di rumah, cobalah perhatikan posisi seperti apa yang paling nyaman untuk bayi saat menyusu. Hal ini penting, agar proses menyusu saat di tempat umum tidak memakan waktu lama. Selain itu, dengan memberikan posisi yang nyaman, bayi tidak akan rewel dan menarik perhatian. Sebab bayi yang rewel dan akhirnya menjadi pusat perhatian inilah yang terkadang membuat Ibu merasa tidak nyaman menyusu di tempat umum.

 

Dengan mempersiapkan ketiga hal ini, menyusui di tempat umum bukan lagi menjadi masalah. Satu hal yang tidak kalah penting yaitu, tetap konsumsi PRENAGEN lactamom, Susu Ibu Menyusui, secara teratur untuk membantu agar ASI keluar dengan lancar. Sebab, ASI yang tidak keluar dengan lancar ini juga bisa membuat bayi menjadi rewel saat menyusui.