Search by keyword: ciri-ciri kehamilan, tanda awal kehamilan, menstruasi

Apakah Telat Haid Salah Satu Ciri-ciri Kehamilan? Kenali Sebabnya
Posted By Prenagen
Nov 1 2013 9:35 AM
0

ciri-ciri kehamilan

Salah satu ciri-ciri kehamilan yang Mommy sudah pasti tahu adalah telat haid. Ini merupakan ciri-ciri umum yang menjadi patokan banyak orang apakah seseorang tengah hamil atau tidak. Jika seorang wanita telat haid selama beberapa minggu saja maka biasanya wanita tersebut tidak akan segan-segan untuk segera membeli test pack dan melakukan tes dengan alat tersebut. Jadi bisa dikatakan jika telat haid adalah satu tanda yang menjadi dorongan bagi seorang wanita untuk melakukan tes kehamilan karena haid merupakan kondisi yang berkaitan secara langsung dengan organ reproduksi seorang wanita.

Namun yang Mommy perlu ketahui adalah jika telat haid bukan satu-satunya tanda-tanda kehamilan dan bisa juga bukan merupakan tanda kehamilan. Kevalid-an tanda kehamilan yang satu ini memang semakin diragukan dari waktu ke waktu karena kebanyakan wanita modern memiliki siklus haid yang kurang teratur akibat pola hidup. Jadi kalau Mommy telat haid, jangan langsung gegabah dan memaksakan diri untuk periksa ke dokter ya. Apalagi jika Mommy memang sudah tahu kalau siklus haid mommy kurang teratur.

Tapi mengapa telat haid bisa menjadi salah satu ciri-ciri kehamilan?. Untuk mengetahui hal ini tentu mommy harus tahu terlebih dulu bagaimana mentruasi atau haid terjadi. Haid sendiri merupakan perubahan fisiologis pada tubuh seorang wanita yang terjadi secara berkala. Hal ini dipengaruhi oleh hormon reproduksi yang Mommy punya, baik itu estrogen maupun progesteron. Mommy tahu kan kalau janin berasal dari pembuahan yang terjadi antara sel telur dan sperma? 

Nah, sel telur yang Mommy punya dihasilkan di indung telur dan kemudian akan menempel di dinding rahim, menunggu untuk dibuahi oleh sperma. Dan ketika sel telur tersebut telah matang, dinding rahim menjadi lebih tebal untuk mempersiapkan perkembangan embrio jika sel telur berhasil dibuahi. Penebalan dinding rahim ini disebabkan karena produksi progesterone yang semakin meningkat.

Namun sel telur ini punya masa tenggang. Dan jika tidak segera dibuahi maka sel telur atau ovum yang masih menempel pada dinding rahim Mommy ini akan mengalami kemunduran dan akhirnya mati. Pada saat inilah sel telur akan membawa serta dinding rahim yang menebal tadi keluar dari dalam tubuh dan menimbulkan banyak darah yang disebut dengan haid. Sehingga kemungkinan untuk Mommy bisa hamil saat masa-masa seperti ini pun sangatlah kecil atau bahkan tidak mungkin.

Tapi yang perlu diingat adalah tidak selamanya telat haid itu merupakan ciri-ciri kehamilan ya Moms, karena telat haid memiliki penyebab lainnya juga.      

 


sumber gambar:

Gettyimage-royaltyfree