Nutrisi Bagi Ibu Hamil
Posted By Prenagen
Nov 6 2012 7:42 PM
1

Ibu hamil memerlukan makanan lebih banyak daripada biasanya. Selain untuk keperluan dirinya, ibu hamil juga harus makan untuk janin yang dikandungnya. Agar janin dapat berkembang baik, makanan ibu hamil harus memenuhi kebutuhan gizi berikut:

1.    Kalori.

Asupan kalori harus ditambah 300- 400 kkal per hari selama masa kehamilan. Tambahan kalori tersebut sebaiknya diperoleh dari sumber yang bervariasi sesuai dengan pola makan empat sehat lima sempurna.

2.    Asam Folat.

Embrio janin membutuhkan asam folat yang banyak untuk pembentukan sistem syaraf dan sel-sel. Tambahan 400 mikrogram asam folat per hari diperlukan selama trimester pertama kehamilan. Kekurangan asam folat dapat mengakibatkan janin tidak berkembang sempurna sehingga terlahir dengan kelainan bawaan seperti anenchephaly (tanpa batok kepala), spina bifida (tulang belakang tidak bersambung) dan bibir sumbing. Asam folat banyak terdapat pada beras merah, sayuran hijau dan buah-buahan.

3.    Protein.

Protein juga diperlukan untuk pembentukan sel dan darah. Ibu hamil membutuhkan protein sebanyak 60 gram per hari (lebih banyak 10 gram dari biasanya), yang dapat diperoleh dari daging, ikan, putih telur, kacang-kacangan, tahu dan tempe.

4.    Kalsium.

Konsumsi kalsium 1000 mg/hari diperlukan untuk menjaga pertumbuhan tulang dan gigi, kontraksi otot dan sistem syaraf.

5.    Vitamin A.

Bermanfaat untuk pemeliharaan kulit, fungsi mata dan pertumbuhan tulang. Namun begitu, konsumsi vitamin A tidak boleh berlebihan karena dapat mengganggu pertumbuhan embrio.

6.    Zat Besi.

Untuk pembentukan darah. Kekurangan zat besi akan mengakibatkan anemia yang berbahaya bagi ibu dan bayinya

7.    Vitamin C.

Bermanfaat memudahkan penyerapan zat besi oleh tubuh, selain untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

8.    Vitamin D.

Vitamin D berguna untuk pembentukan tulang.

 

9.      Kolin

Kolin pada umumnya berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika ibu hamil kekurangan kolin, akibanya adalah terjadi gangguan otak janin. Konsumsi kolin yang tepat untuk ibu hamil adalah 400 mg per hari atau meminum 2 gelas susu hamil per hari.

 

10.  Omega 6 (Asam Linoleat) dan Omega 3 (Asam Linolenat)

Kedua zat ini pada ibu hamil berguna untuk meningkatkan kekuatan otak dan saraf penglihatan. Fungsi tambahan untuk omega 3 adalah dapat memuat pembuluh darah menjadi lentur, terhindar dari plak, dan mencegah penyumbatan pembuluh darah. Omega 3 dapat ditemukan pada minyak ikan, kedelai, zaitun, dan jagung. Omega 6 bisa ditemukan pada minyak biji matahari, salfflower, biji kapas. Atau bisa menemukan kedua zat ini pada susu ibu hamil yang disertakan pula dengan DHA.