Masa Persiapan

Penting Menjaga Berat Badan Sebelum Hamil

Ditulis oleh: Taufiq

Penting Menjaga Berat Badan Sebelum Hamil

Bagi setiap pasangan yang sudah menikah, memiliki sang buah hati dapat melengkapi kebahagiaan di dalam kehidupan berumah tangga. Banyak pasangan yang sudah merencanakan dan mempersiapkan kehamilan baik di awal atau beberapa tahun setelah pernikahan.

Bagi mommy yang merencanakan untuk segera hamil, sudahkah mengetahui pentingnya menjaga berat badan ideal, mulai dari sebelum, saat, maupun sesudah kehamilan? Ternyata berat badan sebelum kehamilan, akan sangat mempengaruhi berat badan setelah melahirkan nantinya.

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi berat badan saat menjelang masa kehamilan, yang sekaligus dapat membuat wanita lebih subur dan menguatkan indung telur agar lebih baik dan berkualitas.

 

Gaya Hidup

Banyak para ahli kandungan yang menyatakan faktor-faktor yang dapat menunjang baik untuk kesuburan maupun kualitas indung telur wanita adalah yang terutama gaya hidup, seperti berikut ini:

Perbanyak makan buah dan sayuran. Dua sumber asupan ini memiliki banyak kandungan antioksidan yang dapat menyuburkan dan membuat kandungan lebih sehat. Maka, sangat baik untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan.

Minum multivitamin. Guna menjaga stamina tubuh dan mengkonsumsi vitamin C supaya tubuh mendapatkan nutrisi yang baik untuk mendapatkan kekuatan rahim.

Melakukan olahraga rutin dan teratur. Idealnya, olahraga dilakukan seminggu 3-5 kali selama 30 menit dapat membantu meningkatkan kesehatan reproduksi.

Menjaga berat badan. Dengan berat badan yang berlebihan, lemak tubuh dan kegemukan dapat mengganggu kesehatan hormon reproduksi dan juga mengganggu kehamilan dan janin.

Hindari kebiasaan merokok, minum alkohol, dan juga diet berlebihan atau anoreksia

 

Persiapan Kehamilan

Masa kehamilan adalah masa yang sangat penting baik untuk sang istri maupun sang suami. Dengan kehamilan yang sehat, bayi yang terlahir pun dapat lahir dengan sehat. Maka dari itu, sangat penting melakukan beberapa hal, seperti mengonsumsi makanan sehat untuk persiapan kehamilan.

Sayur-sayuran dan buah-buahan menjadi makanan sehat yang wajib dikonsumsi. Sementara itu, untuk minuman yang baik untuk dikonsumsi adalah susu dan vitamin. Susu untuk persiapan hamil yang dapat dikonsumsi adalah susu sapi ataupun kedelai. Kedua susu tersebut dapat memberikan nutrisi yang baik untuk kandungan.

Untuk vitamin yang dapat dikonsumsi ibu hamil sebaiknya mengonsumsi vitamin yang mengandung asam folat untuk membantu mencegah cacat saraf, kalsium untuk memperkuat tulang dan gigi si ibu dan bayi,dan juga zat besi untuk membantu pertumbuhan sel darah dan otot.