Masa Persiapan

Tips Memilih Camilan Selama Hamil

Ditulis oleh: Taufiq

Tips Memilih Camilan Selama Hamil

Kehamilan merupakan fase penting bagi Ibu, dan ini merupakan momen yang sangat dinantikan oleh banyak Ibu khususnya yang baru saja menikah. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tips hamil sehat terutama dengan memperhatikan asupan gizi lewat makanan yang mommy konsumsi.

Menjaga kesehatan kandungan dengan konsumsi makanan sehat menjadi suatu keharusan bagi Ibu yang menginginkan kondisi bayi sehat dan bebas dari gangguan. Jika Ibu tetap ingin mengonsumsi camilan, ada beberapa jenis camilan sehat yang dapat Ibu pilih untuk dikonsumsi. Berikut ada tips menarik mengenai berbagai jenis camilan sehat yang akan dikonsumsi saat hamil.

 

Camilan Sehat

Sangat penting bagi Ibu untuk memperhatikan nutrisi ibu hamil, dan Ibu harus memilih camilan sehat yang akan memberikan dampak kesehatan optimal bagi janin Ibu. Ternyata, wanita hamil membutuhkan asupan 200 kalori tiap harinya dan kebutuhan akan protein serta zat besi juga meningkat drastis.

Penting bagi Ibu untuk selalu sarapan pagi, dan Ibu juga dapat mengonsumsi camilan sehat pada pagi hari antara pukul 10 pagi dan sore hari antara jam 3 atau jam 4 sore. Namun sebaiknya Ibu menghindari konsumsi camilan pada malam hari menjelang tidur untuk mengontrol berat badan.

Konsumsi camilan kaya serat akan memberikan manfaat yang baik bagi Ibu, khususnya konsumsi buah-buahan berserat dan juga sayuran berdaun hijau. Camilan sehat lainnya yang juga dapat Ibu konsumsi yaitu kraker yang bergizi dan juga oatmeal.

Makanan bagi wanita hamil yang kaya akan gizi termasuk ikan, dan biskuit gandum dengan level kalori rendah merupakan pilihan yang baik bagi Ibu. Beras merah yang masih mengandung kulit ari juga sangat baik untuk kesehatan Ibu, dan popcorn juga bisa menjadi pilihan yang baik, asalkan penggunaan mentega diganti dengan butter tawar.

Cermat Memilih

Demi kehamilan yang sehat, Ibu harus berusaha menghindari junkfood serta makanan siap saji lainnya guna menghindari efek buruk dari makanan tersebut yang akan mengganggu kesehatan janin mommy.

Konsumsi yogurt smoothie yang nikmat dan sehat menjadi pilihan tepat, karena mengandung banyak protein dan juga kalsium. Jangan lupa tambahkan potongan kacang almond dan juga buah sebagai penambah kenikmatan yang juga akan memberikan asupan gizi cukup bagi Ibu.

Menjaga kehamilan merupakan suatu keharusan bagi Ibu yang telah lama menantikan kehadiran sang buah hati, oleh karena itu selalu perhatikan asupan gizi  harian Ibu dan jangan lupa untuk selalu mengonsumsi menu makanan sehat. Melakukan exercise ringan seperti berjalan pada pagi hari juga akan menyehatkan bagi Ibu, sehingga Ibu akan selalu memiliki kesehatan yang optimal untuk menunjang keadaan janin yang Ibu kandung.