Masa Persiapan

Tips Sehat pada Kehamilan Trimester 1

Ditulis oleh: Taufiq

Tips Sehat pada Kehamilan Trimester 1

Mengetahui bahwa mommy sedang hamil tentunya menjadi suatu kabar yang sangat menyenangkan bagi mommy dan juga bagi keluarga. Kehamilan memang menjadi sebuah anugerah yang sangat besar yang telah diberikan oleh Tuhan. Ditambah dengan adanya keinginan untuk segera mempunyai dan menimang cucu dari orang tua mommy yang menjadi motivasi besar untuk mommy dalam senantiasa menjaga kesehatan dari janin yang mommy kandung.

Perasaan yang senang dan bercampur aduk menjadi satu dengan rasa penasaran, khawatir, dan bingung. Perasaan-perasaan tersebut memang menjadi suatu kewajaran yang biasanya terjadi pada tahap-tahap kehamilan yang awal atau pada tahap kehamilan trimester 1. Namun jika perasaan ini ditimbulkan secara berlebihan, justru akan dapat membahayakan bagi perkembangan janin trimester 1 di dalam rahim mommy.

Pada masa itulah janin akan mulai bertumbuh dari sebuah sel telur yang sebelumnya sudah dibuahi menjadi suatu embrio yang nantinya akan terus bertumbuh. Hal tersebut membuat pada masa pertumbuhan janin tersebut harus diperhatikan lebih dan dengan sebaik mungkin supaya nantinya janin yang mommy kandung dapat tumbuh berkembang dengan sehat. Lalu supaya mommy tetap dalam kondisi sehat pada trimester pertama kehamilan, berikut adalah tips hamil sehat yang baik untuk Anda.

 

Mengatasi Gejala Morning Sickness

Pertama adalah gejala morning sickness yang merupakan gejala yang sangat wajar terjadi bagi setiap ibu yang sedang mengandung. Sebenarnya pada gejala inilah adalah proses dari adaptasi yang terjadi di dalam tubuh Anda. Jika memang pada awalnya hormone progesterone hanya diproduksi dalam jumlah yang sedikit, maka pada awal kehamilan nantinya hormon ini akan berkembang dan diproduksi lebih yang berguna untuk mendukung masa kehamilan mommy nantinya selama 9 bulan lamanya.

Gejala dari morning sickness ini memang sering ditandai dengan perasaan yang mual pada perut yang berlebihan, sehingga memang membuat mommy selalu ingin memuntahkan apa yang ada di isi perut Anda. Lalu jika mommy mengalami peristiwa morning sickness ini memang sangat tidak mungkin nantinya berat badan mommy dapat turun. Dalam mengatasi masalah seperti ini yang berlebih, sebaiknya jika mommy untuk makan dalam porsi yang lebih kecil namun dengan intensitas yang lebih sering. Dengan demikian bertujuan untuk mengindari perasaan mual yang kerap kali timbul. Yang terpenting juga makanlah dengan makanan yang mengandung banyak gizi dan selalu berpikiran positif.

 

Menyikapi Perubahan Emosi dan Fisik

Kemudian gangguan yang sering terjadi pada awal kehamilan adalah perubahan emosi dan perubahan fisik. Perubahan emosi memang sangat wajar juga terjadi pada kehamilan trisemester pertama karena akan membuat diri mommy menjadi mudah emosi. Menjaga emosi tetap positif saat hamil jauh lebiih baik dibandingkan membiarkan emosi yang berlebih dan tidak terkontrol yang akan memberikan dampak buruk bagi janin dalam kandungan.

Banyak istirahat untuk bisa lebih meredam emosi dan juga bisa dengan mendengarkan musik yang rileks supaya perasaan juga akan menjadi lebih tenang. Sedangkan perubahan fisik yang terjadi adalah payudara kaan semakin lebih besar, gunakanlah bra dengan ukuran yang lebih besar supaya mommy dalam rileks dalam bernafas.