Masa Persiapan

Tips Suami Siaga Jelang Istri Melahirkan

Ditulis oleh: Taufiq

Tips Suami Siaga Jelang Istri Melahirkan

Kehamilan bisa dikatakan sebagai hal yang terbaik dan terindah yang pernah terjadi pada hidup mommy dan pasangan. Oleh karena itu, mommy perlu mempersiapkan segalanya agar saat kehamilan tidak terjadi masalah dan tubuh mommy tetap sehat, dan saat akan melahirkan dan melahirkan, prosesnya akan berjalan dengan lancar.

Tentu saja, hal ini tidak hanya perlu dilakukan oleh mommy sendiri, namun juga pasangan mommy yang perlu menjadi suami siaga. Ketika saatnya persalinan tiba, mommy mendapatkan semua kebutuhan dan perawatan yang dibutuhkan.

 Perhatikan Kondisi Fisik

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar suami mommy menjadi suami siaga. Yang pertama dan yang paling penting adalah kondisi fisik dan kesehatan suami mommy. Mengapa? Akan sangat tidak lucu dan bermasalah, bila suami mommy tiba-tiba sakit saat mommy membutuhkan pertolongan dan perawatan dari dokter. Suami mommy tidak dapat memberikan pertolongan yang mommy butuhkan dan akhirnya terjadi hal yang tidak diinginkan oleh semua ibu hamil.

Kesehatan suami juga tidak hanya dibutuhkan saat mommy akan melahirkan. Saat mommy sedang mengandung, kesiapan kondisi fisik suami juga penting agar dapat membantu mommy mendapatkan semua kebutuhan untuk proses melahirkan mommy. Jadi, yang perlu sehat disini tidak hanya mommy yang sedang mengandung, tetapi juga suami mommy tercinta. Oleh karena itu, mommy juga perlu mengingatkan tentang hal ini dan akan lebih baik bila mommy dan suami saling membantu untuk mendapatkan kondisi badan yang baik dan sehat.

Tips Melakukan Persiapan

Ada dua macam tips melahrkan yang perlu dipersiapkan oleh suami mommy. Yang pertama adalah sebelum proses persalinan. Hal pertama yang perlu suami mommy persiapkan adalah kendaraan. Bila mempunyai mobil, pastikan kondisi mobil sangat baik dan bahan bakar cukup. Bila tidak mempunyai mobil, bisa menggunakan taksi. Simpan nomor telepon taksi yang bisa dihubungi, dan pastikan mommy dan suami memilih layanan taksi yang baik.

Selain itu, minta bantuan tetangga. Bila tetangga mempunyai mobil, mommy dan suami bisa meminta bantuan transportasi. Beritahukan pada tetangga waktu perkiraan lahirnya sang bayi. Hal ini bisa didapatkan dari pemeriksaan rutin ke dokter kandungan. Persiapkan dengan teliti tas dan kebutuhan sehari-hari yang akan dibawa ke rumah sakit. Dan juga, pilih rumah sakit yang akan mommy dan suami kunjungi untuk persalinan. Lakukan ini pada bulan-bulan akhir kehamilan.

Yang kedua adalah saat hari persalinan. Urus administrasi rumah sakit sesegera mungkin agar mommy dapat kamar dan perawatan yang dibutuhkan di rumah sakit bersalin. Akan lebih baik, bila suami mommy mencari informasi bagaimana cara dan proses administrasi ini secara lengkap, agar tidak terjadi masalah saat mengurusnya nanti. Pastikan suami mommy menyampaikan kepada petugas rumah sakit, bila mommy ingin melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Yang paling penting adalah suami mommy selalu siap dan perhatian terhadap semua kondisi mommy.