Masa Kehamilan

Mengapa Asam Folat Penting untuk Sumber Gizi Ibu Hamil?

Ditulis oleh: Taufiq

Mengapa Asam Folat Penting untuk Sumber Gizi Ibu Hamil?

Selama masa kehamilan, ibu hamil pasti dianjurkan untuk selalu mengonsumsi berbagai jenis nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh si ibu dan janin seperti asam folat atau vitamin B9. Selain sebagai sumber gizi ibu hamil, mengonsumsi asam folat atau vitamin B9 ini pada saat hamil dipercaya mampu membantu perkembangan sel tubuh janin sekaligus mencegah terjadinya kelainan yang muncul pada saraf otak janin. 

 

Kandungan nutrisi yang tersedia di dalam asam folat ini berperan penting untuk menghindari bayi yang terlahir dengan berat rendah, kelahiran bayi prematur, keguguran pada saat kehamilan, dan mencegah supaya tumbuh kembang bayi di dalam kandungan tidak mengalami masalah.  

 

Biasanya, asam folat yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil ini adalah sebesar 400 mikrogram perhari untuk jangka waktu kehamilan tiga bulan pertama. Sedangkan untuk yang memasuki bulan keempat hingga sembilan bulan kehamilan, asam folat yang dibutuhkan sebanyak 600 mikrogram. Dan apabila ibu hamil mengonsumsi asam folat dalam jumlah besar seperti 1.000 mikrogram tidak akan dipermasalahkan, sebab akan semakin baik untuk pertumbuhan janin yang berada di kandungan. 

 

Namun, untuk ibu hamil yang tengah merencanakan proses kehamilan pun sangat diwajibkan untuk mengonsumsi asam folat ini sebesar 400 mikrogram, karena mampu mempercepat waktu untuk mendapatkan momongan. 

 

Untuk makanan yang mengandung asam folat yang dijadikan sebagai sumber gizi ibu hamil ini berupa;

    • Sereal dengan kandungan asam folat sekitar 400 mikrogram.
    • Hati sapi yang direbus maupun dimasak dengan 215 mikrogram asam folat.
    • Bayam yang memiliki asam folat sebesar 115 mikrogram.
    • Alpukat yang dibelah menjadi dua bagian menyediakan 60 mikrogram asam folat. 
    • Kacang-kacangan yang menyajikan asam folat sebanyak 175 mikrogram. 
    • Jeruk dalam setengah cangkir gelas mengandung setidaknya 125 mikrogram. 

 

Melihat besarnya peran penting yang diberikan oleh asam folat ini untuk gizi ibu hamil, itu sebabnya asam folat ini sangat disarankan oleh dokter dan pakar kesehatan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil baik pada proses merencanakan kehamilan maupun pada saat masa kehamilan. Selain itu, dengan mengonsumsi asam folat ini kesehatan ibu hamil maupun janin yang tengah dikandungnya pun akan tetap terjaga.