Masa Persiapan

Pantangan-pantangan Sebelum Persiapan Kehamilan

Ditulis oleh: Taufiq

Pantangan-pantangan Sebelum Persiapan Kehamilan

Dalam mempersiapkan kehamilan, banyak sekali hal yang harus diperhatikan. Penting sekali bagi mommy untuk mengetahui hal-hal yang bermanfaat bagi tubuh sehingga bisa mempercepat kehamilan jika memang sudah sangat ingin memiliki anak.

Pantangan dalam hal ini adalah menghindari kebiasaan buruk yang nantinya akan berpengaruh pada kondisi tubuh seorang wanita atau calon ibu hamil. Untuk itu kita harus mempersiapkan program kehamilan paling tidak tiga bulan sebelum kehamilan.

Persiapan sebelum hamil seperti ini akan membantu mommy dalam mendapatkan kehamilan yang sehat dan calon bayi yang juga berkualitas. Berbagai mitos dan fakta bisa dipelajari agar calon ibu tidak bingung nantinya ketika sedang hamil.

Banyak pantangan kehamilan hanya mitos saja dan bukan fakta, namun akan lebih baik jika mommy mau belajar mengenai makna dari mitos yang beredar dari jaman dahulu sampai sekarang.

 

Mitos dan Fakta

Masalah mitos kehamilan dan fakta memang menjadi hal yang sangat krusial bagi para wanita yang ingin memiliki anak. Mitos bukan saja dalam hal karma namun juga masalah asupan gizi yang dibutuhkan wanita hamil.

Sering kali mommy mendengar tentang bagaimana ketika hamil mommy tidak boleh membunuh apapun begitu pula dengan suami mommy.  Banyak yang bercerita tentang seorang bayi yang lahir dengan bibir sumbing karena saat hamil, sang suami memancing ikan. Mungkin bagi sebagian orang hal ini memang benar-benar nyata, namun sebagian lagi tidak beranggapan begitu.

Namun, perlu kita ketahui bahwa mungkin memang ada makna dibalik mitos tersebut. Dengan kejadian tersebut mommy bisa belajar banyak tentang bagaimana mengontrol emosi saat hamil dan tidak menyakiti makhluk hidup lainnya. Untuk faktanya sendiri, hal ini mungkin ada kaitannya dengan kekurangan asam folat saat janin berada dalam kandungan.

Lalu ada juga mitos tentang tidak berhubungan suami istri ketika masih dalam trimester pertama. Faktanya adalah hal ini tergantung pada kondisi kandungan setiap wanita, dan hubungan suami istri tetap masih bisa dilakukan dengan menyesuaikan kondisi kandungan itu sendiri.

 

Pantang Sebelum Hamil

Dalam melakukan program hamil, yang harus mommy perhatikan adalah masalah kesehatan mommy sendiri sebagai calon ibu hamil. Untuk itu ada berbagai pantangan kehamilan yang harus dipahami dan laksanakan. Salah satunya adalah dengan menjauhi rokok dan alkohol.

Seperti yang umum terjadi di era modern ini, banyak wanita yang memang suka merokok dan minum minuman beralkohol. Nah, jika mommy salah satunya, maka sebaiknya 3-4 bulan sebelum hamil mommy sudah harus menghentikan kebiasaan mommy tersebut.

Zat-zat yang terkandung dalam rokok dan alkohol bisa mempengaruhi kondisi fisik mommy dan juga indung telur mommy.  Apalagi jika saat hamil mommy masih mengkonsumsi kedua hal tersebut, maka kemungkinan terjadi kelainan pada janin akan lebih besar terjadinya.