Masa Menyusui

Pasta, Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi

Ditulis oleh: Taufiq

Pasta, Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi

Sebagai ibu hamil, apakah Anda tahu nutrisi apa saja yang paling dibutuhkan oleh tubuh? 

Karbohidrat adalah salah satu asupan yang paling dibutuhkan ibu hamil agar tubuhnya tidak kekurangan energi. Bagi ibu hamil, mungkin banyak yang memperolehnya hanya dari nasi saja. Padahal banyak jenis makanan yang juga merupakan sumber karbohidrat, seperti roti, pasta, sereal, dan mie, seperti yang direkomendasikan oleh NSW Food Authority, Australia (www.foodauthority.nsw.gov.au). Selain itu, karbohidrat juga berguna sebagai cadangan makanan.

Salah satu alternatif nasi yang paling digemari adalah pasta. Untuk ibu yang sedang mengandung, pasta berbahan dasar gandum utuh lebih disarankan untuk dikonsumsi. Karbohidrat yang terdapat pada pasta membuatnya mudah dicerna namun lambat diserap oleh usus, maka perasaan kenyang akan lebih lama. Kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin B kompleks, fosfor, zat besi, magnesium, seng, tembaga, dan kalium menjadikan pasta makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan calon ibu dan si jabang bayi.

Banyak jenis olahan pasta yang selain enak juga mengandung bahan-bahan yang sehat. Bagi ibu yang ingin mencoba menu lain sebagai variasi, macaroni schotel adalah pilihan yang tepat. Ibu dapat menggunakan berbagai sayuran, seperti brokoli dan wortel yang dipotong kecil-kecil, juga kacang polong sebagai tambahan isi hidangan tersebut. Tidak ketinggalan pula daging ayam yang telah masak dapat dicampurkan bila suka.

Selain itu, susu PRENAGEN mommy juga dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi segar untuk menu ini. Untuk penggunaan keju, sebaiknya pilihlah keju bertekstur keras. Keju yang memiliki tekstur lembut tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung bakteri listeria yang dapat mengakibatkan keguguran, kelahiran prematur, infeksi pada bayi, dan kematian pada bayi dalam kandungan atau setelah lahir. Pastikan juga semua bahan sudah matang sempurna setelah proses pemanggangan.