Masa Persiapan

Pintar Memilih Susu Persiapan Kehamilan

Ditulis oleh: Taufiq

Pintar Memilih Susu Persiapan Kehamilan

Susu adalah salah satu sumber asupan gizi yang sangat penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil maupun mommy yang tengah merencanakan kehamilan. Bagi mommy yang baru menikah atau tengah merencanakan kehamilan, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi susu khusus yang diperuntukan untuk para wanita yang sedang mempersiapkan kehamilan.

Hal tersebut sangat penting karena susu memiliki nutrisi yang sangat baik untuk mempersiapkan kondisi tubuh mommy dan juga kondisi rahim mommy sehingga siap untuk proses pembuahan. Nutrisi tersebut bisa mendukung persiapan kesehatan sel telur dan juga rahim sehingga pembuahan bisa berjalan efektif dan janin yang terbentuk juga akan tumbuh dengan lebih baik.

 

Lalu, apa sajakah tips yang bisa kita perhatikan dalam memilih susu perencanaan hamil?

Zat Gizi Utama

Tips yang pertama yaitu pilihlah jenis susu yang khusus diperuntukan untuk perencanaan kehamilan. Biasanya, susu untuk persiapan kehamilan adalah jenis susu yang memiliki kandungan asam folat. Nutrisi yang serupa juga terkandung pada beras, terigu, kacang-kacangan, dan juga gandum.

Sebaiknya untuk persiapan kehamilan, para istri tidak memilih jenis susu tanpa lemak, melainkan pilihlah jenis susu utuh. Hal ini menyangkut hormon yang terkandung di dalam susu.

Pada cairan susu terdapat hormon laki-laki, sedangkan pada kandungan lemaknya terdapat hormon perempuan. Akan sangat baik jika kita meminum asupan nutrisi yang memiliki keseimbangan kedua hormon tersebut.

Poin ini juga didukung oleh hasil dari sebuah penelitian yang mengungkap bahwa kebanyakan wanita yang mengkonsumsi susu rendah lemak memiliki kecenderungan tingkat kesuburan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang meminum susu utuh.

Jika mommy masih bingung dalam memilih susu wanita hamil yang tepat, mommy bisa mencoba berkonsultasi dengan dokter untuk memilih produk yang paling tepat untuk diri mommy.

Setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda, tentu akan lebih baik bagi mommy memilih produk yang paling tepat sesuai dengan kondisi mommy. Di situlah peran penting seorang dokter, yang akan memeriksa kondisi mommy dan dapat menyarankan produk terbaik untuk mommy.

 

Alasan Minum Susu

Mungkin diantara para pembaca sekalian ada yang bertanya-tanya, apakah meminum susu untuk hamil adalah sebuah keharusan? Apabila tujuannya adalah untuk hamil, sebenarnya hal ini bukanlah suatu keharusan karena kita semua tahu bahwa banyak juga pasangan yang berhasil hamil tanpa harus meminum susu untuk persiapan kehamilan.

Akan tetapi tujuan dari meminum susu kehamilan ini sebenarnya adalah untuk mempersiapkan diri dan kondisi tubuh agar lebih kondusif untuk terjadinya kehamilan. Sehingga fungsinya adalah lebih kepada tindakan persiapan dan juga pencegahan terhadap masalah buruk yang bisa terjadi.

Selain itu, asupan nutrisi dari susu tersebut juga bisa meningkatkan kesuburan bagi para istri. Oleh karenanya produk ini juga biasa disebut dengan susu cepat hamil.