Masa Kehamilan

5 Alasan Mengapa Ibu Hamil Perlu Konsumsi Susu Hamil

Ditulis oleh: Taufiq

5 Alasan Mengapa Ibu Hamil Perlu Konsumsi Susu Hamil

Susu adalah minuman yang kaya akan manfaat, karena itulah banyak yang mengonsumsinya secara rutin. Apalagi bagi Ibu yang saat ini sedang mengandung, mengonsumsi susu menjadi hal yang sangat disarankan. Tentunya susu yang dikonsumsi pada masa kehamilan berbeda dengan susu biasa, yaitu susu ibu hamil yang mengandung berbagai zat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh Ibu dan janin selama masa kehamilan dalam kadar yang sesuai.

Setidaknya ada 5 alasan mengapa ibu hamil perlu mengonsumsi susu hamil secara rutin, yaitu:

1. Memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil

Setiap jenis nutrisi yang Ibu butuhkan saat masa kehamilan memiliki fungsinya masing-masing dan harus terpenuhi sesuai dengan kadar yang disarankan. Dengan terpenuhinya nutrisi, Ibu akan terhindar dari masalah anemia, kerusakan tulang, risiko terkena infeksi, dan berbagai masalah lain yang mungkin dialami selama masa kehamilan. 

2. Memenuhi kebutuhan nutrisi janin

Tidak hanya Ibu saja yang membutuhkan nutrisi, janin dalam kandungan Ibu juga membutuhkannya untuk proses perkembangan. Tidak terpenuhinya nutrisi ini akan membuat perkembangan janin menjadi terhambat. Janin bisa mengalami cacat, plasenta yang tidak berkembang dengan baik, terganggunya perkembangan otak atau organ lain, dan berbagai masalah lainnya.

3.Meredakan mual

Banyak yang mengira bahwa susu akan semakin memperparah mual yang dirasakan saat hamil. Padahal hal tersebut tidak benar, loh. Susu hamil memiliki formulasi khusus yang bermanfaat untuk mengatasi masalah ini. Misalnya saja seperti susu PRENAGEN emesis yang mengandung vitamin B6 dan protein sehingga efektif untuk mengurangi mual saat hamil.

4.Mencegah beberapa penyakit

Susu ibu hamil mengandung protein dalam kadar tinggi namun tidak berlebihan, yang sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh Ibu. Hal ini akan membuat Ibu terhindar dari berbagai macam penyakit yang sering menyerang saat imunitas melemah. Selain itu, menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition, ibu hamil yang rutin mengonsumsi setidaknya 150 ml susu setiap harinya memiliki kadar insulin yang tinggi dan risiko ibu hamil menderita diabetes melitus tipe 2 menjadi berkurang.

5.Membantu pertumbuhan anak

Ternyata konsumsi susu hamil tidak hanya berdampak baik pada masa kehamilan saja, tetapi juga memiliki dampak jangka panjang pada anak. Menurut hasil penelitian yang dilakukan pada 809 ibu hamil, didapatkan hasil bahwa ibu hamil yang mengonsumsi susu hamil setidaknya 150 ml per harinya memiliki pertumbuhan yang baik hingga usia remaja. Anak tersebut umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan anak dari ibu hamil yang tidak mengonsumsi susu hamil selama masa kehamilan. Hasil penelitian ini tercantum dalam European Journal of Clinical Nutrition.

Sudah jelas bahwa konsumsi susu ibu hamil tidak bisa diabaikan begitu saja ketika Ibu mengandung. Bahkan United States Department of Agriculture menyarankan agar Ibu mengonsumsi 3 gelas susu hamil per harinya agar kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan dapat terpenuhi.