Masa Kehamilan

Atasi Berbagai Jenis Keluhan Hamil Muda

Ditulis oleh: Taufiq

Atasi Berbagai Jenis Keluhan Hamil Muda

Tahukah Ibu bahwa selama kehamilan Ibu akan mengalami banyak sekali keluhan? Keluhan pada iIbu hamil ada banyak sekali jenisnya, datang dan pergi silih berganti. Sejak dari usia awal kehamilan hingga menjelang persalinan terkadang keluhan menjadi cerita tersendiri. Berbagai jenis keluhan pada Ibu hamil tersebut timbul karena banyak penyebab, seperti perubahan hormon, pertumbuhan janin, maupun perubahan metabolisme. Begitu pula di trimester kehamilan atau masa awal kehamilan, tidak jarang berbagai keluhan hamil muda mendatangi.

Jenis keluhan hamil muda

Jenis keluhan yang dialami ibu di masa awal kehamilan terbagi menjadi dua golongan, yaitu golongan keluhan yang relatif aman dan golongan keluhan yang berisiko lebih serius. Golongan keluhan yang aman biasanya merupakan jenis keluhan yang dialami oleh sebagian besar Ibu hamil dan bukan merupakan tanda bahaya kehamilan. Sedangkan golongan keluhan dengan risiko berbahaya merupakan jenis keluhan tertentu yang tidak dialami oleh semua Ibu hamil.

  1. Mual dan Muntah
    Ada 9 dari 10 ibu hamil mengalami gejala morning sickness alias rasa mual dan muntah, khususnya di pagi hari. Keluhan ini muncul karena pengaruh peningkatan hormon HCG dan estrogen yang menyebabkan kepekaan hidung dan perut meningkat. Jika dibiarkan saja rasa mual dan muntah akan menyebabkan Ibu dehidrasi, oleh sebab itu perlu diatasi misalnya dengan banyak minum air putih, mengonsumsi biskuit saat bangun tidur, dan menghindari makanan berlemak. Sertakan PRENAGEN emesis setiap hari untuk mengurangi rasa mual dan muntah, dilengkapi dengan kalsium, vitamin B6, zat besi, asam folat serta protein. Selain menuntaskan mual dan muntah yang mengganggu, PRENAGEN emesis baik untuk nutrisi selama kehamilan.
  2. Sering Buang Air Kecil
    Sepanjang trimester pertama, 7 dari 10 ibu hamil juga akan mengalami keinginan untuk terus buang air kecil. Keluhan ini disebabkan produksi hormon HCG semakin tinggi yang mengakibatkan aliran darah ke panggul meningkat. Ibu memang harus rela keluar masuk kamar kecil, bahkan tidak jarang Ibu juga akan mengompol. Maka dari itu, persiapkan dengan karpet kedap air di atas kasur Ibu agar tidak basah. Perlu diketahui bahwa keluhan ini memiliki kemungkinan menjadi lebih parah seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.
  3. Nyeri Punggung
    Keluhan hamil muda yang berikutnya adalah rasa nyeri di bagian punggung. Keluhan ini juga belum terlalu signifikan terasa saat kehamilan trimester pertama, intensitasnya bisa meningkat seiring usia kehamilan. Disarankan bagi Ibu untuk mengatasi keluhan ini dengan cara relaksasi, mandi air hangat, berenang, istirahatan yang cukup, dan banyak minum air putih. Manfaatkan bantal sebagai sandaran selama dalam posisi duduk maupun berbaring.
  4. Perubahan Suasana Hati
    Perasaan sedih atau bahkan perubahan suasana hati secara signifikan juga merupakan keluhan kehamilan trimester pertama yang wajib diwaspadai. Memasuki usia kehamilan muda, tak jarang Ibu mengalami kesedihan, kecewa, serba salah, merasa malas melakukan sesuatu, dan ingin selalu diperhatikan. Suasana hati yang sering berubah ini disebabkan karena peningkatan produksi hormon estrogen yang memengaruhi emosional Ibu. Satu-satunya tindakan yang dapat mengatasi keluhan ini ialah Ibu perlu mengendalikan emosional diri Ibu sendiri.

 

Nah, demikianlah beberapa keluhan hamil muda yang pada umumnya dialami para Ibu di trimester pertama kehamilannya. Perkaya pengetahuan kehamilan Ibu agar semakin siap menghadapi berbagai hal yang akan menyapa, mendatangi Ibu sepanjang masa kehamilan. Jalani proses tersebut dengan kebahagiaan menanti buah hati.