Masa Kehamilan

Begini Cara Beri Dukungan untuk Istri yang Sedang Hamil

Ditulis oleh: Taufiq

Begini Cara Beri Dukungan untuk Istri yang Sedang Hamil

Kehamilan bukanlah proses yang bisa dilalui seorang diri. Seorang ibu yang sedang hamil juga membutuhkan dukungan dari orang sekitarnya, terutama dari Anda sebagai seorang suami. Dukungan yang diberikan tentu tidak hanya dari segi finansial, tetapi juga dari segi psikis dan fisik. Dengan demikian, istri bisa melalui periode kehamilan dengan tenang dan nyaman tanpa tekanan yang bisa menyebabkan depresi. Lantas, dukungan seperti apa yang bisa Anda lakukan? Ini dia daftarnya:

  1. Memahami kondisi fisiknya. Secara fisik, tentu tubuh istri akan mengalami perubahan dan sulit bagi mereka untuk melakukan sesuatu yang mungkin dulu mudah dilakukan. Seperti menunduk untuk mengambil sesuatu, berdiri setelah duduk karena perut yang semakin membesar, kecepatan berjalan yang mulai menurun, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, istri pun akan mudah lelah dan butuh istirahat. Sebagai seorang suami, Anda bisa memberikan dukungan dengan memahami kondisi ini. Pahami kondisi sang istri dan bantulah sebisa mungkin.
  2. Berikan pijatan kaki. Selain memahami kondisi fisik istri, Anda juga bisa melakukan kegiatan sederhana namun memiliki berjuta makna. Salah satunya adalah dengan memijat kaki istri dengan lembut ketika ia tengah beristirahat. Ketika hamil, tubuh perempuan akan menopang janin di perut sehingga area kaki terutama di tungkai seringkali terasa nyeri. Tentu memberikan pijatan seperti ini akan membantu mengurangi rasa nyerinya dan juga membuat istri merasa bahwa dirinya tidak sendirian dan ada Anda yang siap membantunya.
  3. Membantu pekerjaan rumah tangga. Meskipun Anda bekerja di kantor, bukan berarti Anda tidak bisa membantu istri untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga, lho. Anda bisa membantu istri mencuci baju di pagi hari sebelum berangkat kerja dan juga membantu mencuci piring setelah pulang kantor. Apa pun itu, usahakan untuk selalu meringankan beban pekerjaan rumah tangga yang biasa dilakukan istri. Sekecil apa pun bantuan yang Anda tawarkan, istri akan sangat merasa terbantu.
  4. Penuhi semua kebutuhannya. Selain memenuhi hal-hal yang menjadi kebutuuhan ibu hamil, pastikan pula bahwa snacking istri selama periode kehamilan sudah sehat dengan menyediakan makanan dan minuman bernutrisi yang baik untuk ibu hamil. Sediakan buah-buah segar, sayuran, atau bahkan camilan sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Anda juga bisa menyediakan jus untuk ibu hamil seperti PRENAGEN juice yang terbuat dari sari buah asli pomegrante dan anggur yang segar untuk dikonsumsi dan tidak membuat ibu hamil mual. Kandungan asam folat dan vitamin C-nya tentu akan membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil.

Meski terkesan sederhana, ternyata hal-hal di atas bisa membuat istri tidak merasa sendirian dalam menghadapi fase kehamilan ini. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa seorang ibu yang mendapatkan dukungan dari orang sekitarnya selama hamil ternyata tingkat komplikasi dan depresinya rendah ketika melahirkan. Jadi, jangan lupa dampingi istri Anda selalu siaga di sisinya kapan pun dibutuhkan, ya.