Masa Menyusui

Jenis Makanan Apa Saja yang Dibutuhkan oleh Ibu Menyusui?

Ditulis oleh: Taufiq

Jenis Makanan Apa Saja yang Dibutuhkan oleh Ibu Menyusui?

Ketika menyusui, Ibu membutuhkan nutrisi yang berlimpah dan juga asupan gizi tepat demi kesehatan si bayi. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak yang menganjurkan Ibu untuk memerhatikan makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh serta mengimbanginya dengan susu ibu menyusui untuk melengkapi kebutuhan nutrisi yang diperlukan. Patut dicatat bahwa ketika menyusui, Ibu membutuhkan 500 kalori lebih banyak dibanding jumlah asupan kalori normal. Pakar nutrisi menyarankan agar Ibu mengonsumsi setidaknya 2.200 kalori perhari. Lantas, apa saja sih jenis makanan yang dibutuhkan ketika sedang berada dalam fase menyusui? Simak daftarnya dalam artikel berikut ini.

 

    1. Asupan karbohidrat. Ibu membutuhkan sekitar 6-11 takar biji-bijian selama proses menyusui. Untuk memenuhinya, Ibu bisa menyantap makanan yang whole grain karena mengandung lebih banyak gizi dan juga mencegah konstipasi. Untuk mengimbanginya, bisa juga diselingi dengan nasi putih seperti biasa.
    2. Asupan protein. Jumlah yang disarankan untuk asupan protein adalah 1 gram untuk setiap 0.5 kilogram berat badan per hari. Makanan yang disarankan untuk meningkatkan asupan protein adalah daging, makanan laut, telur, kacang-kacangan, serta produk olahan susu.
    3. Asupan vitamin. Ibu disarankan untuk rajin  mengonsumi buah dan sayur karena keduanya merupakan sumber vitamin yang kaya. Sayur dan buah juga bisa menjadi sumber kalori yang rendah lemak, kaya serat, dan juga mineral. Contohnya saja bayam, wortel, semangka, dan masih banyak lagi.
    4. Asupan nutrisi tambahan. Untuk melengkapi nutrisi dalam tubuh, Ibu disarankan untuk meminum susu ibu menyusui. Salah satunya adalah PRENAGEN PRENAPRO lactamom. PRENAGEN PRENAPRO lactamom mengandung vitamin B2 dan B12 yang membantu meningkatkan produksi ASI serta omega 3 dan 6 yang sangat baik untuk perkembangan otak si kecil.
    5. Kurangi makanan manis yang mengandung gula, makanan olahan, serta makanan yang mengandung garam dan lemak. Makanan-makanan tersebut memang terasa enak ketika dikonsumsi namun bisa berdampak pada kondisi kesehatan si kecil. Patut dicatat bukan berarti Ibu tidak boleh mengonsumsinya sama sekali tetapi cukup membatasi jumlahnya saja.

 

Itu dia jenis makanan yang dibutuhkan Ibu ketika menyusui. Jangan lupa untuk menyusun daftar menu makanan setiap harinya, minum susu ibu menyusui, dan lakukan sedikit variasi agar tidak bosan. Selamat mencoba dan semoga membantu.