Masa Kehamilan

Kriteria Utama Memilih Dokter Kandungan

Ditulis oleh: Taufiq

Kriteria Utama Memilih Dokter Kandungan

Dokter spesialis kandungan memiliki peran yang sangat penting bagi para mommy yang tengah menjalani masa kehamilan. Dokter spesialis ini akan menjadi konsultan kesehatan mommy selama mommy hamil dengan tujuan agar kesehatan mommy dan bayi yang ada di dalam kandungan mommy tetap sehat.

Besarnya peran dokter kandungan ini membuat mommy wajib untuk rutin melakukan konsultasi kehamilan untuk mengecek kondisi kehamilan mommy. Sebelum mommy memilih dokter kandungan, ada baiknya mommy simak beberapa tips memilih dokter kandungan berikut ini.

 

Pilih Pria atau wanita?

Tips yang pertama, pilih dokter kandungan yang membuat mommy nyaman. Misalnya mommy lebih nyaman dengan dokter kandungan wanita dibandingkan dengan dokter kandungan pria. Hal ini tergantung pada pribadi mommy.

Kemudian tips yang kedua, sebaiknya mommy memilih dokter kandungan yang lokasi praktiknya dekat dengan rumah atau kantor mommy bekerja. Tidak perlu memilih dokter yang tenar atau populer namun antrean panjang yang harus mommy hadapi setiap kali mommy akan berkonsultasi.

Tips yang ketiga, pastikan bahwa dokter kandungan yang akan mommy pilih menyandang gelar spesialis kandungan. Bila mommy kesulitan menemukannya, mommy bisa meminta referensi dari teman atau keluarga mommy.

Tips yang keempat, bila mommy berencana ingin memberikan ASI eksklusif, pilihlah dokter kandungan yang sepaham dengan mommy sehingga mommy bisa melakukan praktik inisiasi menyusu secara dini.

Berikutnya, pilih dokter kandungan yang mudah dihubungi setiap saat. Misalkan mommy sedang menghadapi keluhan tertentu yang berkaitan dengan kandungan Anda, mommy bisa dengan mudah menghubungi dokter kandungan mommy. Bukan tidak mungkin muncul keluhan yang bersifat mendadak dan perlu penanganan medis dari dokter spesialis kandungan.

Sebaiknya mommy memilih dokter kandungan yang sesuai dengan kemampuan finansial.Misalnya, mommy bisa memilih dokter kandungan yang bekerja sama dengan kantor di mana mommy bekerja atau dokter kandungan yang sudah bekerja sama  dengan perusahaan asuransi tertentu.

 

Berpengalaman

Faktor lainnya yang perlu mommy pertimbangkan dalam memilih dokter kandungan ialah pengalaman dokter kandungan yang mommy pilih. Umumnya dokter kandungan yang terpercaya adalah dokter kandungan yang memiliki jam praktik yang tinggi selama beberapa tahun.

Selain pengalaman, mommy juga perlu memilih dokter kandungan yang cermat dan teliti dalam hal diagnosa kandungan mommy. Sesi konsultasi seperti mendengar dan menjawab pertanyaan dan kekhawatiran pasien juga akan menjadi poin plus bagi seorang dokter spesialis kandungan untuk dipilih banyak orang.

Faktor lainnya yang perlu mommy pertimbangkan ketika akan memilih dokter kandungan yaitu di mana tempat praktiknya. Rumah sakit umum, rumah sakit bersalin, atau rumah pribadi sebagai praktiknya adalah beberapa kemumgkinan tempat praktik dokter kandungan pilihan mommy.

Agar lebih nyaman, sebaiknya pilih dokter yang berpraktik di tempat praktik pribadinya. Dengan memilih tempat praktik ini, jadwal konsultasi mommy bisa mommy sesuaikan dengan jam bekerja mommy di kantor.