Masa Menyusui

Manfaat Kembang Kol dI Masa Kehamilan

Ditulis oleh: Taufiq

Manfaat Kembang Kol dI Masa Kehamilan

Ibu bosan dengan sayuran yang itu-itu saja setiap hari? Saatnya Ibu mulai mencoba ragam sayuran lain yang baik bagi Ibu yang sedang mengandung. Seperti yang tercantum pada situs Group Health Cooperative, kembang kol merupakan alternatif sayur yang direkomendasikan bagi ibu hamil. Kembang kol memiliki varian warna yang berbeda, yaitu kuning, putih, dan ungu. Namun, jenis yang banyak dijumpai di Indonesia adalah kembang kol putih. 

Kembang kol mengandung potasium yang berfungsi untuk menjaga cairan dalam tubuh dan keseimbangan elektrolit dalam sel-sel tubuh serta membantu kontraksi otot. Di samping itu, kembang kol juga kaya akan vitamin K yang dapat membantu pertumbuhan sel-sel tulang. Selain potasium, dalam kembang kol juga terdapat asam folat, vitamin A, dan vitamin B yang berguna bagi perkembangan bayi dalam kandungan dan pertumbuhan sel-selnya. Tidak hanya itu, di dalamnya terdapat fosfor, kalsium, seng, mangan, selenium.

Sayuran yang masuk dalam keluarga kubis-kubisan ini juga berguna sebagai detoksifikasi racun di berbagai organ serta melindunginya dari serangan berbagai penyakit. Beberapa di antaranya seperti gangguan pencernaan, radiasi sinar ultraviolet, diabetes, hipertensi, obesitas, radang usus besar, dan sebagainya. Kandungan antioksidannya juga dapat memperkuat sistem imun ibu maupun bayi.

Dengan manfaat yang sangat kaya tersebut, tentunya akan sangat baik bagi ibu hamil jika mengonsumsinya kurang lebih satu gelas per hari. Ibu bisa mencoba menu yang berbahan dasar kembang kol, seperti sup krim kembang kol. Kacang lentil dan potongan ayam dapat dicampurkan dalam hidangan ini. Gantilah susu sapi dalam sajian ini dengan susu PRENAGEN mommy emesis rasa Plain untuk nutrisi maksimum. Sebagai tambahan karbohidrat, sup krim dapat dikonsumsi dengan satu buah roti.