Masa Kehamilan

Perkiraan Kenaikan Berat Badan Selama Hamil

Ditulis oleh: Taufiq

Perkiraan Kenaikan Berat Badan Selama Hamil

Selama periode kehamilan, salah satu perubahan yang sangat jelas terlihat pada ibu hamil adalah kenaikan berat badan. Pada tahap awal kehamilan, biasanya ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 0,5 sampai dengan 2 kg. Akan tetapi, akan terus bertambah jika sudah memasuki tahap kedua dan ketiga kehamilan dengan kenaikan sekitar:

  1. 0,4 hingga 0,59 kg untuk berat badan di bawah normal
  2. Berat badan normal sekitar 0,36 – 0,45 kg.
  3. Sedangkan, untuk berat berlebih sebanyak 0,23 – 0,32 kg.
  4. Dan obesitas sekitar 0, 18 – 0,27 kg.

Namun, menurut Indeks Masa Tubuh, kenaikan berat badan ini normalnya adalah sebesar:

  1. Ibu hamil dengan IMT 18,5, harus menaikkan berat badan sekitar 12,7 sampai 18,1 kg.
  2. Akan tetapi, untuk yang memiliki IMT 18,5 – 22,9, kenaikan berat badan yang harus dipenuhi adalah 11,3 hingga 15,9 kg.
  3. Sedangkan untuk IMT di atas 23, maka dianjurkan untuk menaikkan berat sebanyak 6,8 – 11,3 kg. 
  4. Dan terakhir bagi yang kelebihan berat badan atau obesitas, berat yang disarankan adalah 5,0 – 9,1 kg.

Terjadinya kenaikan berat badan ini memang wajar dialami oleh ibu hamil. Namun, agar berat yang naik tersebut masih dalam batas wajar maka cobalah untuk mengikuti beberapa tips ini, di antaranya: 

  • Makan dengan porsi sedikit akan tetapi sering. Misalnya, kamu makan sebanyak 6 sampai 7 kali dalam satu hari dengan takaran tiga sendok makan.
  • Sediakan makanan ringan tapi menyehatkan seperti buah, roti gandum, yoghurt, sereal, dan sebagainya.
  • Tambahkan sedikit keju dalam menu makanan sehatmu.
  • Minum susu kehamilan, salah satunya adalah PRENAGEN mommy, nutrisi lengkap bagi ibu dan janin yang kaya akan kandungan nutrisi seperti Asam folat untuk mencegah cacat tabung saraf , kalsium, fosfor, magnesium yang berperan dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi, Vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium dan sebagainya. Produk susu ini terdiri dari banyak varian rasa misalnya seperti cokelat, vanilla, strawberry, kacang hijau, dan moka. 

Nah, sekarang tersedia pula produk susu UHT untuk ibu hamil yang dikemas dengan sangat praktis dan bisa dibawa kemana saja sehingga saat bepergian lebih memudahkanmu yakni PRENAGEN. Susu yang memiliki dua varian rasa yakni cokelat dan berry love ini lebih nikmat jika disajikan dingin. 

Dengan mengikuti beberapa tips di atas, maka bisa membantu menjaga berat badanmu tetap ideal dan bisa mengurangi risiko melahirkan bayi prematur atau berat rendah.