Masa Kehamilan

Pentingnya Melakukan Persiapan Melahirkan Ini

Ditulis oleh: Taufiq

Pentingnya Melakukan Persiapan Melahirkan Ini

Mempunyai buah hati, merupakan anugerah yang membahagiakan. Meski demikian, banyak calon Ibu yang merasa takut ketika akan menghadapi proses melahirkan. Hal tersebut biasanya disebabkan karena persiapan melahirkan yang tidak tepat. Terdapat beberapa tips melahirkan normal tanpa jahitan yang bisa dilakukan. Saat melahirkan normal, area perineum atau dinding yang ada di antara vagina dan anus mampu meregang saat bayi keluar. Meski demikian, masih terdapat kemungkinan perineum robek.

Terapkan Persiapan Melahirkan Ini

Tidak setiap perineum yang robek saat melahirkan memerlukan jahitan untuk pemulihan, mutlak dibutuhkan yang termasuk derajat 3 dan 4, namun ini sangat jarang terjadi. Sedangkan derajat 2 biasanya perlu jahitan, jika tidak dijahit penyembuhan perlu waktu lebih lama. Hanya saja, Ibu merasa nyaman karena tidak harus mengalami sakitnya dijahit. Berikut beberapa persiapan melahirkan:

  • Pelajari Proses Persalinan
    Persiapan melahirkan normal utama yang perlu dilakukan Ibu adalah mempelajari proses persalinan yang akan Ibu lewati. Dokter kandungan, juga mengatakan jika Ibu yang mengerti mengenai proses persalinan biasanya akan lebih aktif saat proses melahirkan.  Bahkan, akan memberi hasil akhir yang lebih memuaskan. Mengambil kelas untuk Ibu melahirkan atau membaca buku panduan tentang proses persalinan, adalah langkah konkrit yang dapat Ibu lakukan.
  • Pilihlah Dokter Kandungan
    Mengingat pilihan Ibu untuk melahirkan secara normal, pilihlah dokter kandungan yang proaktif dengan pilihan Ibu. Ketika Ibu melahirkan, dokter kandungan akan berperan sebagai orang yang memimpin persalinan. Jadi, pilihlah dokter yang dapat bekerja sama dengan Ibu. Pilihlah tenaga kesehatan sehingga Ibu nyaman bersamanya. Selain itu, Ibu juga bisa mulai memilih dokter anak yang akan memeriksa atau merawat anak Ibu setelah persalinan.
  • Persiapkan Tubuh
    Proses melahirkan memiliki komplikasi, baik yang caesar maupun normal. Maka persiapan melahirkan normal yang tidak kalah penting yaitu, menjaga kesehatan tubuh Ibu. Makanlah makanan yang bergizi dan seimbang serta hindari kurang tidur. Menjaga kebersihan tubuh, organ intim dan kebersihan makanan adalah hal yang tidak dapat Ibu sepelekan menjelang proses persalinan. Organ yang akan berperan pada proses persalinan yaitu, organ intim Ibu. Maka melahirkan secara normal, yang tak kalah penting yakni mempersiapkan organ kewanitaan Ibu. Ibu hamil, dapat melakukan senam Kegel guna melatih otot di daerah kemaluan sebelum melahirkan. Caranya dengan mengontraksikan otot, yaitu seperti Ibu menahan kencing.

  • Memperhatikan Posisi saat Melahirkan
    Posisi yang berbeda saat melahirkan, akan menghasilkan tekanan yang berbeda-beda pada perineum. Sejumlah gerakan yang dapat dilakukan antara lain berbaring dengan posisi miring, duduk atau berlutut dengan menaruh dua tangan ke arah depan.
  • Pastikan Perawatan Anak
    Bagi Ibu yang sudah mempunyai anak atau kakak dari bayi yang hendak Ibu lahirkan, memastikan anak dalam pengasuhan yang baik menjadi hal yang tidak boleh Ibu lupakan. Selain itu, Ibu juga harus memperhatikan psikologis anak dengan meyakinkan, jika ia tidak lebih tidak penting dibandingkan adiknya yang akan lahir. Salah satu cara yang bisa Ibu lakukan adalah, mendidiknya tentang konsep adik sebelum Ibu melahirkan. Ketika anak menjenguk Ibu setelah proses persalinan selesai, sangat dianjurkan menaruh bayi Ibu di keranjang. Hal ini penting untuk membuatnya merasa bahwa dirinya penting dan tidak terganti di mata.
  • Meminta Dukungan
    Mintalah dukungan dari orang terdekat Ibu, misalnya suami atau anggota keluarga yang lain. Sebab, suami Ibulah yang akan mengingatkan untuk melahirkan secara normal. Begitu juga pada saat Ibu melahirkan nanti, keluargalah yang memberi semangat sampai Ibu benar-benar selesai melahirkan.
  • Berdiskusi dengan Orang Lain
    Ibu dapat berdiskusi dengan orang-orang yang sudah pernah mengalaminya. Dengan berdiskusi, Ibu akan mendapatkan gambaran mengenai proses melahirkan dengan cara ini. Sampaikan juga perasaan Ibu, seperti rasa cemas atau takut. Biasanya apabila perasaan-perasaan ini sudah tersampaikan, Ibu bisa merasa lebih tenang dalam menghadapi persalinan.

Persiapan Melahirkan Sebelumnya

Sebelum melahirkan, Ibu bisa melakukan beberapa hal berikut agar persalinan semakin lancar.

  • Ambil kelas senam hamil
    Di kelas senam hamil, Ibu akan berlatih pernapasan. Latihan pernapasan ini berfungsi sebagai sarana relaksasi dan nantinya dapat mengurangi rasa sakit pada saat melahirkan secara normal. Di kelas ini Ibu juga akan diajarkan teknik bernapas yang baik ketika akan melahirkan nanti.
  • Bersiap menghadapi pertarungan
  • Pada saat melahirkan secara normal, Ibu akan merasakan nyeri sekaligus tekanan. Rasa nyeri yang dialami, akan menyerupai rasa ingin buang air besar. Ibu akan membutuhkan tenaga guna mendorong bayi menuju jalan lahir. Sementara itu, tekanan terjadi karena bayi ikut menekan ke arah bawah.

Jadi, segera terapkan beberapa persiapan melahirkan di atas. Ibu bisa mulai menyiapkan diri agar proses nantinya dapat berjalan dengan lancar. Setelah melahirkan, Ibu harus memenuhi nutrisi tambahan dari PRENAGEN lactamom khusus bagi Ibu menyusui dengan PRENAPro Formula. Selain dapat membantu memenuhi nutrisi terpenting bagi buah hati, PRENAGEN lactamom juga diperkaya asam folat, omega-3, omega-6, dan Inulin yang akan meningkatkan kualitas ASI sehingga baik bagi perkembangan otak anak.