Masa Kehamilan

Bahaya Penyakit Eklampsia yang Menyerang Tubuh Ibu Hamil

Ditulis oleh: Taufiq

Bahaya Penyakit Eklampsia yang Menyerang Tubuh Ibu Hamil

Pernah dengar tentang eklampsia? Eklampsia merupakan sebuah kondisi serius yang sering menimpa ibu hamil pada masa kehamilan akhir. Gejalanya sendiri ditandai dengan kejang, yang bahkan jika terus dibiarkan bisa berujung pada koma. Eklampsia bisa muncul karena kondisi hipertensi dan preeklampsia akut sehingga mengakibatkan tubuh lebih mudah kejang selama masa periode kehamilan. Kejang yang dialami ini terbagi menjadi dua fase, yakni:

  1. Fase pertama. Fase ini ditandai dengan bagian wajah mengalami kedutan selama kurang lebih 15 hingga 20 detik setiap hari. 
  2. Fase kedua. Fase kedua terjadi dengan waktu yang lebih lama yakni sekitar 60 detik dan biasanya kejang yang dialami timbul pada bagian otot mata, otot rahang, dan terakhir menyerang ke seluruh tubuh. 

Umumnya, eklampsia ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya:

  • Sistem kekebalan tubuh yang sangat lemah.
  • Hamil di saat usia sudah memasuki angka 40 tahun.
  • Mempunyai riwayat penyakit eklampsia dan preeklampsia dari kehamilan sebelumnya.
  • Tubuh mengalami obesitas. 
  • Mengidap Anemia Sel Sabit, yakni sebuah kondisi yang muncul karena adanya ketidaknormalan bentuk sel darah merah yang seharusnya berbentuk bulat dan sangat fleksibel berubah menjadi bentuk sabit dan cukup keras. 
  • Mengalami hipertensi di awal masa kehamilan.

Eklampsia memang sangat jarang ditemui selama periode kehamilan, namun jika tubuh sudah terserang penyakit ini maka bisa membahayakan keberadaan janin di dalam rahim. Bahkan, bisa pula menyebabkan komplikasi yang cukup serius, termasuk di dalamnya kematian janin. Nah, untuk mengatasi serangan eklampsia ini, kamu bisa mencegahnya dengan beberapa cara, yakni:

  • Meminum aspirin dengan dosis rendah. 
  • Konsumsi suplemen yang kaya akan kandungan vitamin dan arginin.
  • Hindari melakukan kegiatan yang bisa memicu timbulnya penyakit eklampsia.
  • Selalu menjaga tekanan darah di tubuh. 

Selain beberapa poin di atas, untuk menghindari tubuh diserang gejala kejang ini, kamu juga bisa mengatasinya dengan rutin mengonsumsi makanan sehat yang mengandung nutrisi tinggi, mencukupi waktu istirahat, tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu munculnya gejala ini, dan sebagainya. Atau bisa pula dengan cara meminum susu hamil baik bubuk maupun UHT. Untuk susu bubuk, kamu bisa minum PRENAGEN mommy dan kalau susu UHT untuk ibu hamil kamu bisa minum PRENAGEN mommy UHT. PRENAGEN mommy tinggi akan asam folat, serta mengandung nutrisi lengkap seperti mikroenkapsulasi zat besi sehingga lebih banyak diserap, Vitamin B12, Kalsium, Omega 3&6, rendah gula dan rendah natrium.  Untuk pilihan rasa, susu ini memiliki varian rasa yang enak seperti cokelat, vanilla, strawberry, moka, dan juga kacang hijau sehingga kamu bisa bebas memilih rasa yang disuka. Selamat mencoba Bu! ?