Masa Menyusui

Semangka Bagi Ibu Hamil, Sehat dan Menyegarkan

Ditulis oleh: Taufiq

Semangka Bagi Ibu Hamil, Sehat dan Menyegarkan

Siapa yang tidak mengenal buah semangka? Buah yang kaya akan kandungan air dan banyak dijual di pasaran ini makin banyak diburu orang-orang, terutama saat panas terik menyerang. Jenis semangka yang banyak dikonsumsi dan mudah didapat di Indonesia adalah semangka merah. Tidak hanya berwarna merah, semangka juga memiliki daging dengan warna lain seperti kuning, oranye, dan putih. Buah dengan kandungan air yang tinggi ini juga ternyata merupakan pilihan alternatif bagi Ibu para calon ibu.

Buah dengan kulit berwarna hijau bergaris ini sangat berguna untuk meredakan sakit maag, mengempiskan bengkak, juga mencegah kram. Dikatakan pula sangat efektif untuk mencegah mual pada ibu hamil karena terdiri dari 92 persen air. Selain mengandung air dengan jumlah tinggi, semangka juga mengandung magnesium, potasium, vitamin C, B6, dan A. Nutrisi tersebut sangat berguna bagi calon bayi Ibu dalam pertumbuhan otak, penglihatan, sistem saraf, dan sistem imun. 

Warna merah pada semangka dihasilkan oleh sebuah zat bernama likopena. Zat tersebut berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi dari penyakit kanker dan hati, serta memperkuat sistem imun tubuh. Tidak ketinggalan juga, likopena sebagai antioksidan juga membantu melindungi janin dari toksin yang masuk ke tubuh ibu. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung likopena setiap hari, persentase ibu hamil dapat terhindar dari preeklampsia menjadi 50 persen lebih tinggi.

Selain dimakan langsung, Ibu juga bisa membuat minuman atau dessert dari buah semangka ini. Salah satu resep yang dapat dicoba adalah Semangka Susu Prenagen. Ibu bisa menggunakan semangka tanpa biji jika ingin meminumnya tanpa disaring. Cukup blender potongan buah semangka dan susu PRENAGEN emesis varian rasa plain. Resep dari Taiwan ini dijamin cocok bagi para ibu hamil untuk mengurangi rasa mual di pagi hari. Selain sehat, kesegarannya akan membuat Ibu makin bersemangat menjalani hari.