Masa Persiapan

Pentingnya Mengetahui Nutrisi Sehat Bagi Ibu Hamil

Ditulis oleh: Taufiq

Pentingnya Mengetahui Nutrisi Sehat Bagi Ibu Hamil

Bagi wanita yang sedang hamil, sangat penting sekali bagi mereka untuk mengetahui apa saja nutrisi ibu hamil yang diperlukan pada masa ini. Dengan demikian, mereka akan bisa memenuhi asupan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan dengan segera.

Kekurangan nutrisi bagi seorang ibu yang sedang mengandung akan berakibat fatal bagi bayi yang dikandung dan juga keselamatan ibu itu sendiri. Bagi sang bayi, bahaya yang nantinya bisa didapatkan adalah bayi tersebut akan bisa mengalami keguguran. Lalu nutrisi apa saja yang harus dipenuhi oleh mommy supaya bayinya bisa lahir dengan sempurna, sehat, normal, dan tidak cacat sama sekali?

 

Vitamin dan Mineral

Kebutuhan vitamin dan mineral mommy harus selalu tercukupi pada saat masa hamil ini. Jika dulunya mommy memiliki kebiasaan suka makan makanan yang berkolesterol tinggi dan juga tidak sehat, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut selama mengandung.

Ganti dengan mengonsumsi buah-buahan yang segar dan baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang diperlukan. Memakan buah-buahan secara rutin untuk ibu hamil juga sangat berguna agar nanti pada saat melahirkan, si ibu tidak merasakan nyeri ketika melahirkan anaknya. Jika mommy tidak sering memakan buah pada saat hamil, besar kemungkinan mommy akan mengalami nyeri yang hebat ketika mengeluarkan bayi yang mommy kandung.

 

Zat Besi dan DHA

Kebutuhan nutrisi lainnya yang harus dipenuhi oleh mommy adalah kebutuhan zat besi. Zat besi ini sangat penting bagi ibu supaya memiliki tenaga yang cukup untuk beraktivitas dan tidak mudah lelah. Zat besi juga berfungsi untuk menstabilkan jumlah darah yang dimiliki mommy sehingga terhindar dari penyakit anemia pada masa kehamilan.

Pada saat kehamilan mommy sangat rentan sekali mengalami anemia, maka dari itu diperlukan zat besi yang cukup untuk mengatasi hal ini. Di samping itu zat besi juga sangat baik untuk membuat ASI mommy bisa mengalami regenerasi dengan baik. Banyak sekali mommy yang bermasalah tidak bisa mengeluarkan ASI dengan cukup untuk bayinya usai melahirkan. Maka dari itu dengan mencukupi asupan zat besi yang diperlukan sejak awal di masa kehamilan, mommy akan bisa memberikan ASI untuk bayinya nanti.

Kemudian, zat DHA merupakan salah satu nutrisi yang penting, karena nutrisi ini berperan penting dalam pembentukan organ tubuh calon bayi nanti. Salah satu organ tubuh yang harus dibentuk dengan baik adalah otak sang bayi. Memiliki anak dengan otak yang cerdas merupakan dambaan setiap orang tua. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung DHA sejak masa kehamilan, proses pembentukan organ tubuh bayi akan bisa menjadi sempurna. Nutrisi berupa DHA ini bisa mommy peroleh melalui susu untuk ibu hamil yang beredar di pasaran saat ini.