Masa Kehamilan

Pilih Waktu Tepat Berhubungan Seks Saat hamil

Ditulis oleh: Taufiq

Pilih Waktu Tepat Berhubungan Seks Saat hamil

Kehamilan tentu saja merupakan hal yang amat dinantikan pasangan yang sudah menikah untuk memperoleh momongan. Dalam hal ini perlu diingat bahwa banyak sekali hal yang dapat membuat masa kehamilan menjadi amat bermasalah bagi para ibu hamil. Yang sering membuat ibu hamil bermasalah  mengenai apakah diperbolehkan untuk melakukan hubungan seks ketika hamil.

 Amankah Berhubungan Seks Saat Hamil?

Tentu saja banyak rumor yang tidak memperbolehkan ibu hamil untuk berhubungan seks terlebih dahulu ketika hamil. Hal tersebut karena banyak mempertanyakan, apakah aman hubungan seks kehamilan? Banyak yang mengkhawatirkan dapat membahayakan si janin.

Pada kenyataannya diperbolehkan saja berhubungan seks pada saat hamil namun dengan pengetahuan dan juga cara yang benar. Perhatikan pula usia kandungan pada saat  mommy ingin melakukan hubungan seks.

Libido ibu hamil biasanya akan meningkat pada saat usia kehamilan yang masih muda. Hal ini tentu saja akan membuat ibu hamil pada usia muda untuk tertarik melakukan hubungan seks kehamilan dengan suami mereka. Begitu pula sebaliknya.

 

Perhatikan Usia Kehamilan dan Posisi

Guna mengurangi risiko dalam berhubungan seks ketika hamil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama mengenai waktu dan posisi seks aman.

Yang pertama adalah ketika usia kehamilan masih berada sekitar 0-12 minggu. Menurut para ahli, pada masa kehamilan ini posisi apapun boleh diaplikasikan tentunya karena tidak akan berpengaruh pada kondisi kehamilan.

Kemudian pada usia atau waktu kandungan diatas 12 minggu, mommy perlu memperhatikan bahwa pad a usia kandungan ini. Pada umumnya posisi hubungan seks yang paling tepat ketika memasuki usia di atas 12 minggu adalah posisi menyamping, doggy, dan juga duduk. Namun meski posisi-posisi tersebut memang banyak diaplikasikan pada usia kehamilan 12 minggu, lebih baik jika diaplikasikan terlebih dahulu kepada dokter atau ahlinya.

Bila dokter sudah memberi rekomendasi aman mengenai suatu posisi,ya lakukan saja. Yang perlu diperhatikan bahwa tiap ibu hamil memiliki kondisi fisik yang berbeda sehingga posisi seks yang diaplikasikan juga pastinya berbeda pada masa usia kandungan diatas 12 minggu.

Berikutnya, ketika melakukan hubungan seks pada masa hamil adalah ketika pada usia 29-36 minggu menjelang persalinan. Tentu saja pada masa kehamilan ini amatlah bersiko bagi para ibu hamil dalam melakukan hubungan seks.

Pada masa kehamilan ini, posisi seks selama kehamilan yang amat dianjurkan adalah posisi menyamping dan wanita diatas. Posisi-posisi tersebut merupakan yang paling aman tentunya. Namun mommy juga harus tahu pentingnya untuk memastikan tidak mengalami sakit dan juga merasa tidak nyaman.