Masa Kehamilan

Gizi dalam Makanan Ini Dapat Atasi Anemia Pada Ibu Hamil

Ditulis oleh: Taufiq

Gizi dalam Makanan Ini Dapat Atasi Anemia Pada Ibu Hamil

Saat sedang hamil, anemia atau kurang darah merupakan ancaman yang seringkali menghantui para ibu. Anemia bisa menyerang ibu hamil terutama pada ibu yang kurang mengonsumsi gizi ibu hamil seperti protein, mineral, dan juga vitamin. Atas alasan inilah, ibu hamil disarankan untuk memerhatikan makanan yang masuk ke tubuhnya dan memenuhi gizi yang dibutuhkan tubuh serta janin. Pasalnya, anemia bisa menyebabkan masalah yang lebih fatal pada janin jika tidak ditanggapi dengan serius. Bayi bisa lahir dengan berat badan di bawah normal atau bahkan lahir prematur. Nah, anjuran nutrisi yang disarankan untuk mengatasi anemia biasanya berkaitan dengan kebutuhan zat besi yang bisa membantu pembentukan sel darah merah. Beberapa makanan tersebut adalah:

 

1. Sayuran berdaun hijau seperti bayam atau brokoli

Meski sedang tidak hamil, sayuran merupakan makanan yang harus tetap dikonsumsi karena mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun demikian, ketika sedang hamil, sayuran berdaun hijau seperti brokoli atau bayam merupakan jenis sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Pasalnya, keduanya mengandung zat besi dan juga asam folat yang baik untuk kehamilan Ibu.

2. Daging

Untuk menambah zat besi, menu makanan yang paling mudah untuk dijadikan pilihan adalah daging. Pasalnya daging mengandung banyak zat besi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Hanya saja, pastikan bahwa daging yang dikonsumsi telah matang sempurna dan tidak mentah.

3. Buah dengan kandungan vitamin dan zat besi

Selain sayuran, buah juga menjadi sumber kandungan gizi ibu hamil yang harus ada dalam menu makanan harian Ibu. Nah, buah-buahan dengan kandungan vitamin A, B, dan C merupakan buah yang sering dijadikan rekomendasi untuk dikonsumsi. Contohnya adalah pisang, karena selain mengandung vitamin, pisang juga mengandung zat besi serta mineral yang tinggi. Atau bisa juga mengonsumsi jeruk karena kandungan vitamin C-nya bisa membantu penyerapan zat besi.

4. Madu

Kandungan zat besi yang berada di dalam madu juga membantu untuk pembentukan sel darah merah. Ibu bisa mengombinasikan madu sebagai pelengkap ketika memakan buah-buahan agar tidak bosan atau meminum madu secara langsung dengan sendok.

5. Kurma

Untuk makanan ringan atau makanan selingan di antara menu makanan berat, Ibu bisa memilih kurma. Kurma bisa membantu meningkatkan produksi hemoglobin yang akan menghindarkan Ibu dari kemungkinan anemia.

6. Kacang almond dan oatmeal

Selain kurma, almond juga bisa dijadikan alternatif untuk camilan Ibu. Kacang almond memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga bisa membantu menambah darah. Tidak hanya itu, rasanya pun enak. Untuk oatmeal, Ibu bisa menjadikannya sebagai menu sarapan karena mudah dibuat dan mudah ditemukan di mana saja. Oatmeal mengandung serat yang mudah dicerna dan juga mineral yang penting untuk janin di dalam perut.

 

Agar Ibu tidak kekurangan darah dan gizi ibu hamil tetap terpenuhi, baiknya anjuran mengenai makanan-makanan di atas bisa Ibu terapkan dalam keseharian Ibu. Jika masih kurang yakin, Ibu bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi untuk membantu menentukan asupan makanan apa saja yang Ibu butuhkan. Semoga membantu, ya, Bu.