Masa Menyusui

Mudahnya Mengatasi Mual dan Muntah Ketika Hamil

Ditulis oleh: Taufiq

Mudahnya Mengatasi Mual dan Muntah Ketika Hamil

Selama masa kehamilan, mual dan muntah bukanlah hal yang tak lazim atau aneh ditemui. Kedua hal tersebut bisa dibilang merupakan gejala yang dialami oleh sebagian besar ibu yang sedang mengandung. Tapi, bila terlalu sering mengalaminya, Ibu juga pasti akan merasa terganggu dan tidak nyaman. Untuk itu, Ibu perlu mengonsumsi beberapa makanan yang bisa membantu meredakan gejala tersebut, salah satunya adalah teh herbal.

Ibu tentunya sudah mengetahui minuman berwarna coklat dan ada di hampir setiap tempat makan ini. Terbuat dari daun teh kering yang diseduh dalam air hangat, minuman satu ini mampu membantu meredakan mual saat kehamilan. Selain itu, Ibu bisa tidur lebih nyenyak setelah mengonsumsi secangkir teh herbal beberapa jam sebelum tidur.

Tidak usah cemas akan bahaya kafein yang mengintai ibu hamil, karena dalam teh herbal hanya mengandung sekitar 0,4 miligram kafein dibandingkan teh hitam, oolong, atau teh hijau yang bisa mencapai 40-50 miligram di tiap cangkirnya. Walaupun begitu, Ibu disarankan untuk tidak berlebihan mengonsumsi teh herbal karena kafein yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan terhambatnya proses penyerapan makanan pada bayi. Antioksidan yang terkandung dalam teh sangat bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan menyingkirkan radikal bebas dalam tubuh. Kandungan vitamin C dan A dalam teh juga berguna untuk menjaga imunitas atau daya tahan tubuh tentunya memberikan manfaat positif bagi ibu hamil.

Saat masa kehamilan, Ibu bisa mencoba teh chamomile yang bisa merelaksasi otot pada perut dan usus sehingga mencegah mual dan muntah terlalu sering. Disamping itu, chamomile juga berfungsi sebagai antibakteri, membantu tidur lebih nyenyak, dan juga mencegah pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya chamomile, Ibu juga bisa menambahkan daun mint sebagai gantinya. Mint yang dikenal dengan rasa dingin dan menyegarkan dipercaya dapat meringankan mual dan perut yang terasa tidak nyaman. Cukup seduh bersama dengan teh herbal dalam air panas selama 3-5 menit, maka secangkir teh mint langsung bisa Ibu nikmati.

Namun, perlu diingat pula bahwa ibu hamil harus membatasi asupan teh harian, yakni hanya satu atau dua cangkir. Selain itu, Ibu harus sering mengganti teh herbal yang dikonsumsi agar tidak bosan dan bervariasi. Agar mual dan muntah dapat teratasi dengan mudah, cobalah mengonsumsi Prenagen Ibu Emesis yang telah teruji secara klinis, dua gelas setiap hari selama 10 hari. Susu Prenagen dengan formula PRENAPro ini tinggi akan vitamin B6 dan asam folat yang akan mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi dalam kandungan.